14 Dokter FK Unpatti Dilantik

14 Dokter FK Unpatti Dilantik

14 Dokter FK Unpatti Dilantik

14 Dokter FK Unpatti Dilantik
14 Dokter FK Unpatti Dilantik

14 Dokter angkatan ketiga Periode April 2016 dilantik oleh Dekan Fakultas Kedokteran

(FK) Unpatti, dr Jacob Manuputty, bertempat di aula Universitas Pattimura Ambon, Kamis (14/4).

Dekan FK Unpatti, dr Jacob Manuputty dalam sambutannya mengatakan dilantiknya 14 dokter, berarti sudah ada 26 doker lulusan fakultas kedokteran Unpatti.

Dikatakan, jika dilihat urutanya maka FK Unpatti menduduki peringkat 33 dari 70 fakultas kedokteran yang telah menghasilkan dokter di Indonesia.

“Hasil cukup membanggakan dan beruntung bagi mereka telah lulus ujian kompetensi,

untuk dipersiapkan kedepan memasuki proses pemahiran yang akan berlangsung selama satu tahun,” katanya.

Dia mengajak seluruh dokter yang telah lulus dari fakultas kedokteran, agar selesai intership melamar sebagai tenaga PTT dan selanjutnya bertugas di kabupaten atau kecamatan di Indonesia timur, khususnya Maluku, sehingga mempunyai kesempatan yang lebih besar dalam mengikuti pendidikan lanjut utamanya pendidikan spesialis.

Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Maluku, Angky Renjaan mengatakan, pengambilan sumpah dan pelantikan menjadi momentum strategis bagi Pemerintah Provinsi Maluku untuk dapat menyiapkan tersedianya tenaga kesehatan, khususnya tenaga dokter yang dirasakan masih sangat terbatas di Maluku.

“Kita semua tentunya menyadari bahwa rasio ketersediaan dokter dengan fasilitas

pelayanan kesehatan, serta kebutuhan masyarakat belum seimbang,” katanya.

Gubernur menghimbau kepada para Dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, agar dapat mengabdikan dirinya di Maluku, serta mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, guna memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat 2020.

Gubernur berharap agar para dokter muda, terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi keilmuan secara berkesinambungan, karena perkembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berkembang sangat pesat.

Sedangkan Rektor Unpatti, Nus Sapteno dalam sambutannya mengatakan, untuk menjadi seorang dokter tidaklah mudah. Dokter harus memiliki pengetahuan yang lebih di bidang kedokteran melalui pendidikan yang ditekuninya, seperti yang dijalani 14 dokter yang baru dilantik ini.

Dari tahun ke tahun prestasi, tambahnya, FK Unpatti semakin baik, walaupun baru dibuka tetapi FK Unpatti sudah berada di peringkat 33 secara nasional dari 70 fakultas kedokteran seluruh Indonesia, dan sudah mengalahkan fakultas kedokteran negeri yang ada di Indonesia Timur.

“Itu berarti kedepan, fakultas kedokteran Unpatti bisa menunjukan perkembangan yang lebih baik,” ungkapnya.

Rektor Berharap agar dalam menjalankan tugas, harus tetap menjadi dokter berkualitas dan menunjukan kepada masyarakat bahwa dokter yang keluar dari Unpatti berbeda dengan lainnya.

“Yang terakhir saya minta layani pasien dengan senyum karena senyum anda adalah obat bagi pasien,” pintanya.

 

Baca Juga :