6 Langkah Facebook terkait Cambridge Analytica

6 Langkah Facebook terkait Cambridge Analytica

6 Langkah Facebook terkait Cambridge Analytica

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan beberapa langkah penting yang akan diambil oleh Facebook kedepannya terkait Cambridge Analytica.

Langkah penting tersebut termasuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi potensi penyalahgunaan di masa lalu dan menempatkan perlindungan yang lebih kuat untuk mencegah kemungkinan penyalahgunaan di masa yang akan datang.

Baca juga: Zuckerberg akui Facebook salah tangani data pengguna

Berikut ini adalah ringkasan dari Facebook Indonesia, yang diterima Antaranews, Kamis, mengenai pengumuman yang disampaikan oleh Mark Zuckerberg tersebut.

1. Memeriksa platform Facebook.
Facebook akan memeriksa semua aplikasi yang memiliki akses atas informasi dalam jumlah besar di Facebook sebelummengubah kebijakan di tahun 2014 untuk mengurangi akses terhadap data, dan Facebook juga akan melakukan audit secara menyeluruh terhadap aplikasi dengan aktivitas yang mencurigakan.

Jika Facebook menemukan pengembang yang menyalahgunakan informasi personal yang sensitif, maka mereka akan diblok dari platform.

2. Memberikan informasi kepada pengguna Facebook mengenai penyalahgunaan data.
Facebook akan memberitahukan kepada pengguna Facebook yang terdampak dari penyalahgunaan data oleh aplikasi tertentu.

Hal ini termasuk menyediakan cara bagi mereka untuk mengetahui apakah data milik mereka telah diakses melalui “thisisyourdigitallife”.

Ke depannya, jika Facebook menghapus sebuah aplikasi yang telah

menyalahgunakan data, pihaknya akan memberitahu semua pengguna aplikasi tersebut.

3. Menonaktifkan akses untuk aplikasi yang tidak digunakan lagi.
Jika seseorang tidak menggunakan sebuah aplikasi selama tiga bulan terakhir, Facebook akan menonaktifkan akses terhadap data pengguna yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.

4. Membatasi data yang dapat diakses melalui Facebook Login.
Facebook melakukan perubahan untuk fitur Login, sehingga di versi terbaru nanti, Facebook akan membatasi pilihan data yang bisa diminta aplikasi, tanpa menggunakan tinjauan aplikasi, untuk hanya meliputi nama, foto profil, dan alamat email.

Permintaan data selain nama, foto profil, dan alamat email harus melalui persetujuan Facebook.

5. Mendorong pengguna Facebook untuk mengelola aplikasi yang mereka gunakan.
Facebook telah menampilkan aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun pengguna Facebook dan juga memberikan kendali atas data apa saja yang mereka ijinkan untuk digunakan aplikasi tersebut.

Ke depannya, Facebook akan membuat pengaturan ini lebih mudah ditemukan dan diakses.

6. Memberikan penghargaan kepada orang yang menemukan adanya risiko

keamanan di Facebook.
Facebook akan mengembangkan program Bug Bounty sehingga pengguna Facebook dapat melapor jika mereka menemukan penyalahgunaan data yang dilakukan oleh pengembang aplikasi.

 

sumber :

https://revistaodontologica.colegiodentistas.org/index.php/revista/comment/view/301/0/670