87 Guru Ikuti Pelatihan Kurtilas

87 Guru Ikuti Pelatihan Kurtilas

87 Guru Ikuti Pelatihan Kurtilas

87 Guru Ikuti Pelatihan Kurtilas
87 Guru Ikuti Pelatihan Kurtilas

Sebanyak 87 guru kelas 2, 3, 5 dan guru kelas 6 di wilayah Kecamatan Bogor Utara

, mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 (Kurtilas) di SDN Bantarjati 05, Jalan Bangbarung, Kelurahan Tegal Gundil, Kamis kemarin. Tujuannya, untuk meningkatkan kompetensi dan pro­fesionalisme guru serta menciptakan guru Indonesia berkarakter.

Kegiatan yang dilaksanakan secara mandiri ini dibuka langsung Kepala Bidang Pendidikan Dasar

(Kabid Dik­das), Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Maman Suherman, dan dihadiri Ketua Kelompok Kerja Seko­lah Dasar (K3SD) Bogor Utara, Gunar­to serta sejumlah Kepala SD se Keca­matan Bogor Utara.

Pada kesempatan itu, Maman berha­rap, setelah mengikuti pelatihan ini para guru diharapkan mampu mewu­judkan hasil kerja secara kolektif, se­perti mengnalisis SKL, KI, KD untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester. Selain itu, mampu menganalisis buku siswa untuk jenjang dan mata pela­jaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester. ”Saya menyambut baik kegiatan pelatihan Kurtilas ini. Semoga bisa memberikan motivasi.

Karena guru itu paling penting dalam satu pro­ses pendidikan. Jadi, kedepan para guru-guru ini

harus bisa memposisikan anak-anak didiknya itu sebagaimana mereka juga mendidik anak mereka sendiri di rumah,” pinta Maman yang juga berkeinginan kedepan siswa-siswa di Kota Bogor, khususnya, menjadi orang-orang yang bermanfaat, bisa bersaing dengan siswa lainnya yang di luar Bogor.

Ketua Pelaksana, H. Gunarto ke­pada Metropolitan menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai tanggal 9 hingga 11 Agustus dan diikuti sekitar 87 guru-guru di Kecamatan Bogor Utara. Da­lam pelatihan ini perserta diberi pemahaman tentang pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pembuatan silabus, program tahunan, pembuatan kartu soal, dan sistem evaluasi pembelajaran. “Kami berharap dengan adanya pelatihan ini kualitas dan profesionalisme guru dalam rangka mensukseskan program pemerintah semakin meningkat. Jadi, melalui pelatihan kurikulum 2013, bagi guru kelas 2, 3, 5 dan 6 dan kom­petensi dan profesionalisme guru semakin meningkat. Sehingga ter­ciptanya, guru Indonesia berkarakter,” pungkasnya

 

Baca Juga :