Cara Menangkap Katak Sawah Dengan Mudah

Sejarah dan Profil Perusahaan PT. Bank Tabungan Negara, Tbk (Bank BTN)

Cara Menangkap Katak Sawah Dengan Mudah

Sejarah dan Profil Perusahaan PT. Bank Tabungan Negara, Tbk (Bank BTN)
Sejarah dan Profil Perusahaan PT. Bank Tabungan Negara, Tbk (Bank BTN)

Bagaimana cara menangkap katak sawah dengan mudah? Bagi Anda yang dapat bergerak dengan cepat, berburu katak di sawah mungkin pekerjaan yang sepele. Anda mampu menangkapnya dengan kedua tangan atau kalau diharapkan cukup menggunakan dukungan jaring. Setelah katak tersebut tertangkap, silakan masukkan ke dalam wadah khusus.

Kebanyakan orang menangkap katak sawah untuk dijadikan umpan mancing ikan air tawar. Oleh alasannya itu, katak yang diperoleh harus dalam kondisi hidup dan sebisa mungkin tidak mengalami cidera. Biasanya katak yang mengalami luka di badannya akan mudah mati di keesokan harinya dan mengeluarkan amis yang busuk.Bagaimana cara menangkap katak sawah dengan mudah Simak Cara Menangkap Katak Sawah dengan Mudah. Ada beberapa teknik yang dapat diaplikasikan untuk menangkap katak, antara lain :

Menangkap Katak dengan Tongkat Ciss

Tongkat ciss memiliki wujud berupa tombak kayu yang panjangnya sekitar 2 m yang dilengkapi kawat baja runcing dan berkait pada bab ujungnya. Bahan untuk membuat kaitan ini yaitu jeruji sepeda.

Dengan menggunakan dukungan dari alat ini, Anda mampu menangkap katak dari jarak yang cukup jauh. Bahkan Anda pun dapat menjangkau katak yang berada di lokasi yang sulit dilalui. Namun alasannya alat ini dipersenjatai dengan jerat, maka katak yang tertangkap hampir dapat dipastikan selalu mengalami luka.

Menangkap Katak dengan Serok Kodok

ikan hiu megalodon – Serok yaitu jaring kecil yang diperkuat dengan kawat sebagai rangkanya. Biasanya serok tersebut digunakan untuk menangkap ikan-ikan kecil di sungai. Khusus untuk memburu katak, serok ini harus dirancang sedemikian rupa sehingga katak-katak yang sudah tertangkap tidak mudah terlepas kembali.

Serok tersebut dibuat supaya bab mulutnya mampu dibukatutup menggunakan tali penarik yang dipegang oleh penggunanya. Serok ini juga selanjutnya disambungkan dengan tongkat sepanjang 2 m biar jangkauannya lebih luas. Keunggulan dari alat ini ialah risiko terlukanya katak yang tertangkap sangat minim.

Menangkap Katak dengan Terpal dan Petromaks

Tanpa Anda sadari, terpal dan petromaks juga mampu dimanfaatkan untuk berburu katak sawah di malam hari. Caranya yaitu hamparkan terpal di tengah sawah begitu saja. Lalu letakkan lampu petromaks yang sudah menyala di tengah-tengah hamparan terpal tadi. Adanya lampu di tengah kegelapan akan mengundang banyak sekali serangga untuk mendatangi petromaks sehingga memancing katak-katak di sekitarnya untuk datang mendekatinya pula.

Setelah terlihat beberapa katak berkumpul di tengah-tengah terpal untuk memangsa serangga, Anda mampu mengambil lampu petromaks tadi. Kemudian dengan gerakan yang cepat, angkatlah keempat sudut terpal secara gotong royong lalu gulung ke tengah sehingga katak terperangkap di dalam terpal. Cara ini akan sangat efektif apabila diterapkan di area persawahan yang terletak jauh dari pemukiman penduduk dan kondisinya benar-benar gelap gulita.