Dikbud Maluku Gelar Lomba OSN Matematika dan IPA

Dikbud Maluku Gelar Lomba OSN Matematika dan IPA

Dikbud Maluku Gelar Lomba OSN Matematika dan IPA

Dikbud Maluku Gelar Lomba OSN Matematika dan IPA
Dikbud Maluku Gelar Lomba OSN Matematika dan IPA

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku menggelar lomba Olimpiade Sains Nasional

bidang Matematika dan IPA, tingkat SD berlangsung di Wijaya Hotel (5/4) kemarin, diikuti 33 peserta dari 11 kabupaten/kota di Maluku.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendidikan yang bermutu yang dimulai dari tingkat SD. Selain itu menyeleksi siswa yang berbakat dan berprestasi dibidang Matematika dan IPA, yang nantinya diikutsertakan dalam lomba OSN tingkat Nasional di Palembang Sumatera Selatan.

Sekretaris Dinas Dikbud Maluku Drs. Hadi Sulaiman, M.Si usai membuka lomba OSN,

kepada Tribun Maluku.com mengemukakan, lomba ini dilaksanakan guna mewujudkan Maluku sebagai provinsi yang mandiri, berkualitas jika memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan itu ada pada siswa-siswi yang berkualitas.

Disamping itu diperlukan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) terutama Sains, dan itu dimulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/MA/SMK, sebagai pembentukan generasi Maluku yang berkualitas atau generasi emas Maluku,”tutur Hadi.

Kita memiliki kewajiban moral, juga formal, guna mempersiapkan SDM Maluku

yang berkualitas dalam mejawab dan mengelola berbagai kekayaan Sumber Daya Alam yang dimiliki baik did arat maupun di laut, termasuk Perikanan, Pertanian dan Pertambangan.

Untuk itu, perlu dilakukan langkah-langkah yang bersifat strategis dan bertingkat, berjenjang dan berkelanjutan, dan itu berada dan dimuali dari jenjang pendidikan SD, Menengah bahkan Perguruan Tinggi, karenanya kita harus memiliki komitmen yang kuat dengan persiapan yang baik.

Sebagaimana yang pernah disampaikan Presiden RI Joko widodo, yakni untuk mengelola Sumber Daya Alam yang ada maka Maluku sudah harus mempersiapkan SDM-nya agar pada saatnya dinikmati baik bagi kepentingan Nasional tapi juga untuk kepentingan rakyat Maluku,”tandasnya.(TM04)

 

Sumber :

https://sorastudio.id/sejarah-jepang/