Distribusi Tidak Langsung

Distribusi Tidak Langsung

Dalam saluran distribusi tidak langsung, produsen menyalurkan produknya melalui perantara yang kemudian disalurkan kepada konsumen akhir. Perantara pemasran ini sering disebut juga dengan pedagang besar atau pengecer.

Ditinjau dari pedagang besar dan pengecer yang diikutsertakan dalam distribusi barang, maka dikenal tiga tipe distribusi.

Tiga tipe distribusi tersebut antara lain :

1) Distribusi intensif

Biasanya cara penyaluran barang seperti ini dipakai untuk barang “covinience” dan “industrial supplies” yang pada umumnya mempunyai frekuensi pembelian yang tinggi dengan unit pembelian relatif kecil. Perusahaan berusaha menggunakan jumlah penyalur sebanyak mungkin untuk mencapai konsumen agar kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.

2) Distribusi selektif

Dapat dipakai untuk berbagai jenis produk, meskipun volume penjualan yang diinginkan perlu juga dipertimbangkan. Makin sedikit pedagang besar dan pengecer yang terlibat dapat berarti makin sedikit volume penjualan yang dapat dicapai.

3) Distribusi eksklusive

Cara ini sebenarnya dapat membatasi kontak dengan konsumen, sehingga penjualan yang mampu dicapaipun relatif rendah, tetapi dibalik itu produsen dapat mengawasi langsung kegiatan yang dilakukan oleh penyalur.

Alternatif Distribusi

Adapun beberapa alternatif saluran disteribusi yang bisa digunakan antara lain :

  1. Distribusi Barang Konsumsi

1) Produsen – Konsumen

Bentuk saluran distribusi yang paling sederhana, saluran ini disebut sebagai saluran distribusi langsung.

2) Produsen – Pengecer – Konsumen

Disini pengecer langsung melakukan pembelian pada produsen.

3) Produsen – Pedagang besar – Pengecer – Konsumen

Disini penjual hanya melayani penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja.

4) Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen

Pada saluran ini produsen memilih agen sebagai penyalurannya yang kemudian agen tersebut memilih sasaran penjualan terutama ditujukan kepada pengecer besar.

5) Produsen – Agen – Pedagang besar – Pengecer – Konsumen

Dalam saluran ini produsen menggunakan agen sebagi perantara untuk menyalurkan barangnya kepada pedagang besar dan menjualnya kepada toko-toko.

sumber :