Fasilitas Pendukung Internet

Fasilitas Pendukung Internet

Fasilitas Pendukung Internet

Fasilitas Pendukung Internet
Fasilitas Pendukung Internet

Beberapa contoh teknologi pendukung internet adalah sebagai berikut :

1. Internet Service Provider (ISP)

ISP yang ada saat ini dapat berupa ISP yang bersifat tertutup dan ISP yang bersifat umum. ISP yang bersifat tertutup adalah lembaga atau badan yang hanya melayani atau dapat memberikan fasilitas jaringan internet kepada jaringan lokal dari lembaga atau badan tersebut. Contohnya terdapat pada beberapa departemen pemerintahan, lembaga penelitian, perusahaan, ataupun lembaga pendidikan seperti Universitas Gunadarma ini. Pemakai dan komputer yang terhubung ke ISP ini biasanya terbatas.
Selain dari pada itu, saat ini telah banyak terdapat ISP yang bersifat umum atau dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas baik pribadi maupun lembaga yang ingin terkoneksi dengan jaringan internet. ISP jenis ini bersifat komersial, yaitu menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Saat ini telah cukup banyak ISP seperti ini, contohnya adalah: CBNNet, IndosatNet, RadNet, D-Net, TelkomNet, WasantaraNet, LinkNet, dan sebagainya.

2. Web Browser

Web Browser merupakan salah satu jenis program client yang dapat mengakses beberapa layanan internet. Untuk mengakses layanan tertentu pada jaringan internet, web browser menggunakan konsep URL (Uniform Resources Locator) untuk menuliskan alamat yang akan diakses. Web browser saat ini yang banyak digunakan seperti Internet Explorer, Netscape, MoZilla Firefox, Opera, dan sebagainya.

3. World Wide Web (WWW)

WWW atau yang biasa disebut dengan Web saja, bekerja menggunakan teknologi yang disebut hypertext, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu protokol aplikasi yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol). Dengan menggunakan WWW, pengaksesan beragam sumber informasi di internet misalnya gopher, WAIS, ftp, mail dan sebagainya, dapat dilakukan melalui suatu cara yang general, pengaksesan informasi dan menyajikannya dalam berbagai bentuk informasi seperti text, grafik, suara, animasi, video dan sebagainya.

4. Universal Resource Locator (URL)

Pada penggunaan WWW, penunjukan suatu sumber informasi menggunakan metoda Universal Resource Locator (URL), yang merupakan konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputernya dan metode yang digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database, atau hasil dari perintah finger atau perintah archie atau yang lainnya. Dengan URL ini didefinisikan lokasi dn metoda pengaksesan file tersebut.

5. FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah suatu aplikasi program yang merealisasikan konsep client-server antar host di internet atau semua host yang memakai protokol TCP (Transmition Control Protocol) sebagai transport-protokolnya. FTP menyajikan hubungan yang interaktif antara client dan server. Kelebihan lainnya dalam hal sekuritas karena tidak semua client dapat mengakses FTP server sebab client harus punya otorisasi (username dan password) terlebih dulu untuk dapat mengakses semua file yang ada di FTP server. Client yang tidak punya otorisasi hanya dapat mengakses suatu FTP server jika FTP server tersebut menyediakan suatu account yang dapat digunakan oleh publik (semua client) yang disebut anonymous FTP. Pada anonymous FTP, alamat e-mail kita akan digunakan sebagai password. Saat ini banyak program yang berfungsi sebagai FTP client, seperti WS_FTP, Cute FTP, Windows Commander, dan lainnya. Dengan FTP komputer-komputer dapat saling men-download file melalui jaringan internet. Pengiriman file dapat dilakukan dalam mode ASCII untuk file berbentuk text, atau mode binary untuk file yang berbentuk byte-stream, misalnya file gambar ( berekstention .jpg, .gif) dan sebagainya.

6. E-Mail

E-mail merupakan komponen utama yang paling banyak digunakan dalam komunikasi informasi saat ini, bukan saja di internet tapi juga outernet (jaringan lain di luar internet). Format penulisan alamat e-mail adalah username@hostname. Username adalah nama yang tertera di mesin komputer penyedia internet setempat (ISP) dimana nama orang tersebut terdaftar. Hostname adalah nama lengkap (berikut domainnya sesuai aturan DNS) mesin komputer ISP yang terhubung ke internet. Protokol yang digunakan untuk mengirim e-mail adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk men-download-nya menggunakan protocol POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol). Jenis layanan e-mail yang popular berbentuk Web based Email, yaitu layanan e-mail yang dapat diakses menggunakan Web Browser.

(Sumber: https://dosen.co.id/)