Iklan : Pengertian, Macam-Macam, syarat dan Contoh Soal UN

Iklan : Pengertian, Macam-Macam, syarat dan Contoh Soal UN

Iklan : Pengertian, Macam-Macam, syarat dan Contoh Soal UN

Iklan : Pengertian, Macam-Macam, syarat dan Contoh Soal UN
Iklan : Pengertian, Macam-Macam, syarat dan Contoh Soal UN

Iklan Sesuai Konteks

 Iklan adalah bentuk komunikasi dari seseorang, perusahaan, atau instansi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik agar masyarakat menggunakan produk yang diklaim. Iklan juga berarti pemberitahuan yang bertujuan untuk membujuk atau mendorong khalayak.

Macam-Macam Iklan

Berdasarkan isinya iklan dibedakan menjadi iklan pemberitahuan dan pengumuman, reklame atau iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.

  1. Iklan pemberitahuan dan pengumuman bertujuan menarik perhatian khalayak ramai tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.
  2. Reklame atau iklan penawaran bertujuan agar produk yang ditawarkan laku di pasaran, misalnya iklan barang-baraang yang diperdagangkan atau barang niaga.
  3. Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan penjelasan atau penerangan kepada masyarakat tentang suatu hal, misalnya bahaya narkoba, iklan mencegah demam berdarah, dan sebagainya.


Syarat-Syarat Iklan

Syarat-syarat iklan adalah

  • objektif,
  • jujur,
  • menarik,
  • singkat,
  • jelas, dan
  • tidak menyinggung perasaan.
  • Bahasa yang digunakan berkonotasi positif,
  • mudah dipahami,
  • mudah diingat, dan
  • menimbulkan kepenasaran bagi khalayak.

Iklan baris adalah iklan singkat yang hanya terdiri atas beberapa baris didalam sebuah kolom. Biasanya, iklan baris ada disebuah kolom khusus yang berisai berbagai penawaran, seperti rumah yang disewakan/dikontrakan, rumah dijual, lowongan pekerjaan, penjualan/pencarian barang, penawaran jasa, dan sebagainya.

Dalam iklan baris jumlah ruang yang disediakan sangat terbatas. Oleh karena itu, biasanya penulisan iklan baris menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat dan tentu saja menghemat biaya pemasangan.

Biaya iklan baris dihitung berdasarkan jumlah kata, jumlah baris, panjang (cm), dan untuk berapa kali diterbitkan.

Iklan baris menggunakan bahasa singkat dan padat serta disusun berdasarkan golongan yang sama. Iklan lowongan pekerjaan masuk ke kolom lowongan pekerjaan, sementara iklan penjualan rumah masuk ke kolom properti atau rumah dijual.

Meskipun ditulis singkat serta menggunakan banyak singkatan, isi iklan harus dapat atau mudah dipahami oleh pembaca. Informasi yang disajikan harus lengkap sehingga memudahkan pembaca memahami iklan yang ditawarkan.selainitu, singkatan-singkatan yang digunakan, harus mudah ditafsirkan atau dipahami oleh pembaca.

Komponen yang terdapat dalam iklan baris adalah benda yang diiklankan, pengiklan, alamat dan telepon yang bisa dihubungi. Benda yang diiklankan terbagi dalam dua tipe, yaitu benda bergerak (misalnya mobil, motor) serta tak bergerak (misalnya tanah, rumah).

Perbedaan keduanya dalam beriklan terdapat pada penulisan alamat. Penulisan alamat pada benda bergerak tidak harus lengkap, sedangkan pada iklan benda tidak bergerak alamatnya ditulis lengkap.

Contoh Soal UN:

Bacalah ilustrasi berikut!

Karena desakan kebutuhan, Bapak Nyoto akan menjual sebuah mobil tahun 2006 yang berwarna wijau metalik. Mobil tersebut akan ditawarkan 140 juta, tetapi masih bisa di tawar.
Penjualan dilakukan melalui iklan baris di koran. Peminat harap menghubungi Bapak Nyoto, telepon (024) 8751514


Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….

A. Dijual segera Mobil seharga 140 juta warna hijau, bodi mulus dijamin puas dapat menghubungi          Bapak Nyoto. Telp. (024) 8751514
B. Jual cpt BU Mobil thn 2006, warna hijau met. 140 juta nego. Hubungi Bapak Nyoto. Telp. (024)          8751514
C. Akan segera di jual Mobil th’ 06 bodi mls, warna hijau mtl 140 juta bks milik wnt hub                          Nyoto  (024) 8751514
D. Akan di jual dengan segera Mobil 2006, bodi sangat mulus dan dijamin puas masih bisa ditawar,        warna hijau metalik pegangan wanita. Hubungi Bapak Nyoto. Telp. (024) 8751514

Kunci : B

Pembahasan :

Jawaban B adalah jawaban yang sesuai dengan ilustrasi dan syarat-syarat iklan. Dalam ilustrasi tertulis karena  desakan kebutuhan ditulis dalam iklan Jual cpt BU, masih bisa ditawar ditulis nego, dicantumkan ciri-ciri barang sesuai ilustrasi, dan alamat yang bisa dihubungi ditulis lengkap.

 

Baca Artikel Lainnya: