Jabar Harus Punya Perda Bintang Jasa

Jabar Harus Punya Perda Bintang Jasa

Jabar Harus Punya Perda Bintang Jasa

Jabar Harus Punya Perda Bintang Jasa
Jabar Harus Punya Perda Bintang Jasa

BANDUNG – Sejarawan dari Unpad Prof. DR. Nina Lubis mengungkapkan,

dirinya telah mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Jabar untuk membuat Perda tentang penghargaan bintang jasa kepada putra Jawa Barat yang tidak diakui sebagai pahlawan Nasional oleh Pemerintah Pusat.

Hal itu diungkapkan Nina Lubis pada acara ‘Mieling 127 Tahun Inggit Garnasih’ di Museum Inggit Garnasih Jl. Inggit Garnasih Ciateul, Selasa (17/2).

“Kita sudah pernah mengajukan secara resmi agar Inggit Garnasih

diberi gelar Pahlawan oleh Negara tahun 2010, tetapi tidak dikabulkan dengan berbagai alasan.

Padahal kita tahu perjuangan Bu Inggit bukan hanya sekedar perjuangan mendampingi Soekarno sebagai suami, tetapi turut berkorban harta pikiran dan materi dalam pergerakan nasional kala itu” ujar Nina.

Oleh karenanya, Nina Lubis mengaku sudah mengusulkan ke Pemerintah

Provinsi Jabar untuk membuat Perda yang mengatur pemberian piagam penghargaan atau bintang jasa kepada tokoh-tokoh perjuangan Jawa Barat yang hingga saat ini belum diakui sebagai pahlawan Nasional.

“Saya sudah mengusulkan ke Pak Gubernur untuk membuat Perda tentang pemberian tanda jasa. Yang Saya usulkan itu ada tiga kategori tanda jasa yaitu Mahaputra Pratama Jabar, Mahaputra Madya Jabar dan Mahaputra Utama Jabar” katanya.

Menurut Nina, Inggit Garnasih sudah pantas diberi tanda jasa atau bintang Mahaputra Utama Jabar, sebagai tokoh pejuang wanita dari Jawa Barat yang ikut mengantarkan Indonesia ini ke gerbang kemerdekaan. (Pun)

 

Sumber :

https://about.me/aris.kurniawan