JENIS-JENIS PENDIDIKAN

JENIS-JENIS PENDIDIKAN

JENIS-JENIS PENDIDIKAN

JENIS-JENIS PENDIDIKAN

Menilik pada penjelasan diatas mengenai pengertian hingga fungsi dari pendidikan, cara memperoleh pendidikan juga dibedakan dalam beberapa jenis, diantaranya pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal. Ketiga jenis pendidikan ini masing-masing memiliki pengertian yang berbeda dan cara menjalani yang berbeda pula.

Pendidikan formal yakni

jenis pendidikan yang memiliki struktur atau telah terstruktur dan memiliki jenjang. Jenjang pendidikan formal mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar (SD), pendidikan menengah (SMP), pendidikan atas (SMA) hingga pendidikan tinggi (Universitas).

Pendidikan non formal adalah salah satu jalur pendidikan yang terdapat di luar pendidikan fomal yang juga dapat dilaksanakan secara berjenjang dan terstruktur. Jenis pendidikan ini bisa disetarakan dengan hasil program pendidikan formal, akan tetapi harus melalui proses penilaian dari pihak yang berwenang.

Pendidikan informal adalah jenis pendidikan dari keluarga dan lingkungan dimana seseorang atau yang dapat disebut sebagai peserta didik tersebut mampu belajar secara mandiri. Pendidikan informal ini berbeda dengan juga jenis pendidikan diatas, hal ini dikarenakan pendidikan informal langsung dapat dirasakan dan dilakukan bagi seorang yang mengalaminya.


Sumber: https://girlsgames123.co.id/the-ark-of-craft-apk/