Kerusakan pada Pertumbuhan Tanaman Muda

Kerusakan pada Pertumbuhan Tanaman Muda

Kerusakan pada Pertumbuhan Tanaman MudaKerusakan pada Pertumbuhan Tanaman Muda

Dampak negatif kebakaran hutan sangat terdampak pada tanaman muda. Kebakaran akan melahap semua tumbuhan yang ada di dalam hutan tidak terkecuali dengan pohon-pohon besar. Namun, kerusakan yang terjadi pada pohon besar tidak terlalu serius bila dibandingkan dengan tanaman muda. Hal ini dikarenakan tanaman muda akan mengalami pertumbuhan yang lemah dan lebih rentan terhadap hama dan penyakit apabila terjadi kerusakan sedikit mungkin (Sila & Nuraeni, 2009).

3. Kerusakan Terhadap Tanah

Kerusakan terhadap tanah merupakan salah satu dampak negatif kebakaran hutan yang lebih berdampak pada sifat fisik tanah. Kerusakan sifat fisik tanah ditandai dengan pengurangan kadar humus akibat terbukanya tajuk sehingga humus di permukaan tanah terhangus. Karena hal tersebut membuat terik matahari dan hembusan angin langsung tembus ke tanah sehingga tanah mengalami kerusakan fisik seperti pengikisan lapisan tanah. Pengikisan akan lebih berdampak apabila mengalami erosi yang lebih besar (Sila & Nuraeni, 2009).
4. Kemampuan Produksi Hutan Menjadi Turun
Kerugian yang mempengaruhi kemampuan produksi hutan sehingga menjadi turun akibat dampak negatif kebakaran hutan ditandai dengan adanya penggantian jenis vegetasi dari yang berharga menjadi kurang berharga, tegakan pohon berkurang, serta pohon-pohon yang ditebang secara terpaksa sebelum waktunya (Sila & Nuraeni, 2009).
5. Rusaknya Nilai Rekreasi Hutan
Rusaknya nilai rekreasi hutan menjadi salah satu dampak negatif dari kebakaran hutan. Setelah terjadi kebakaran pada areal hutan yang awalnya dijadikan sebagai tempat rekreasi tentunya tidak lagi memiliki keindahan tertentu. Sehingga tempat rekreasi hutan yang telah mengalami kebakaran tidak lagi diminati oleh wisatawan baik lokal maupun manca negara (Sila & Nuraeni, 2009).