Kesimpulan

Table of Contents

Kesimpulan


Islam moderat merupakan sebuah istilah yang digunakan kepada pemeluk agama islam yang tidak memihak pada aliran-aliran lain, selalu berupaya untuk menerapkan syari’at Islam secara utuh, namun  disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang secara riil dihadapi, serta tetap berpegang teguh pada  Al-qur’an dan Assunah sebagai panduan hidup.
Manusia  dituntut menjalin hubungan secara baik dengan sesamanya siapapun orang itu, apapun  golongannya dalam Islam (jika di Indonesia dikenal ada NU, Muhammadiyah, al-Irsyad, Hizbut Tahrir (HTI), Ikhwanul Muslimin, Salafi, Jamaah Tabligh, Wahda, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Gerakan Wahabi, dan lain-lain.  Apapun keyakinan agamanya haruslah dihormati dan berusaha sepenuhnya untuk menjalin interaksi yang baik dengan mereka. Jika hal tersebut yang ingin dibangun, sebenarnya dalam Islam mudah mencari  rujukannya.  Konsep-konsep  seperti  wasawirhum  fil  amri (bermusyawarahlah dalam menyelesaikan suatu perkara), laa iqroha fiddin (tidak ada paksaan dalam beragama), ikhtilafu umati rahmatun (perbedaan pendapat adalah rahmat), umatan wasatan (jadilah umat yang moderat), dan lainnya adalah dapat dijadikan pegangan dalam beragama. Tentu saja beberapa konsep tersebut erat kaitannya dengan sikap moderat, mau berdialog, menghormati golongan lain, tidak menyatakan bahwa dirinya atau golongannyalah yang paling benar dalam berpaham, sehingga tidak terjebak pada ekstimitas yang berlebihan.

B.    Saran

Demikian pembahasan makalah dari saya, semoga ringkasan makalah ini dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan juga seluruh teman-teman mahasiswa. Sebagai manusia tentunya saya tidak luput dari kekhilafan terutama dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan untuk perbaikan makalah  selanjutnya. Akhir kata billahi taufik walhidayyah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

sumber :

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/