KHASIAT BUAH SURGA

KHASIAT BUAH SURGA

KHASIAT BUAH SURGA

KHASIAT BUAH SURGA
KHASIAT BUAH SURGA

Sebagaimana di firmankan oleh Allah Swt,” Setiap rejeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan, ‘ inilah yang pernah diberikan kepada kami dulu’ mereka diberi buah-buahan yang serupa,” (QS. Al Baqarah:25)
syaikh As Sa’diy Ra menjelaskan didalam tafsir Al Manan berpendapat serupa dalam hal jenis, namun berbeda dalam penamaan, ada pula yang berpendapat saling menyerupai satu sama lain, dalam kebaikannya, kelezatannya, kesenangannya dan semua pendapat itu benar.
Diantara makanan yang dijelaskan di dalam Al qur’an dan sunnah adalah kurma dan delima. Allah berfirman : “Didalam keduanya ada buah-buahan dan kurma dan delima,” (QS.Ar Rahman:68)

BUAH KURMA

Buah kurma termasuk makanan para penghuni surga. Beberapa khasiat ditemukan dalam tamr (kurma kering), yakni berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.
Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai mempunyai pengaruh gerak laju rahim dan menambah masa systole-nya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi).

BUAH DELIMA

Buah delima pun sama. Buah ini berkhasiat sebagai penyejuk dan dapat digunakan mengobati sariawan, suara serak, sakit ditenggorokan, cacingan, perut kembung, rematik, sering buang air kecil, menurunkan tekanan darah tinggi bahkan menurunkan berat badan.

Biji delima yang sering dibuang juga menyimpan khasiat antara lain menurunkan demam dan menyembuhkan batuk.
Khasiat delima tak hanya terpendam pada daging buah dan biji. Sejumlah penelitian membuktikan kulit kayu, kulit akar, kulit buah, dan bunga delima juga potensial mengobati penyakit.

Contohnya bunga delima dapat mengatasi radang gusi dan bronkitis. Begitu juga dengan bagian kulit buah yang oleh masyarakat cina disebut Shi Liu Pi, merupakan obat alami mengatasi radang tenggorokan , radang telinga, keputihan, dan pendarahan. Hebatnya lagi, bunga delima ini kini menjadi perhatian para ilmuwan kedokteran karena berpotensi mengendalikan penyebaran infeksi di dalam tubuh, termasuk infeksi karena virus HIV penyebab penyakit AIDS.

BUAH PISANG

Buah kedua yang termasuk buah surga adalah buah pisang . Allah berfirman, “ Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu, berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan nanungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah,”(QS Al Waqia :27-31)

Buah pisang mempunyai banyak manfaat dan khasiat diantaranya adalah
pisang terhitung sebagai makanan (sumber gizi ) yang hampir sempurna dikarenakan ia mengandung enam nutrisi, yaitu air, gula, protein, protein, lemak, vitamin dan mineral. Dan berkat tingginya nilai gizi yang dikandungnya, maka ia telah menjadi makanan penting (pokok) bagi banyak orang.

Selain itu, pisang terhitung sebagai salah satu makanan yang menyediakan energi dan kalori bagi tubuh dalam jumlah yang cukup. Setiap 100 gram pisang segar dan matang memberikan tubuh (100 kalori), yaitu seperti yang diberikan oleh seratus gram daging. Dan adapun seratus gram pisang kering memberikan (250 kalori)
Buah Pisang juga bermanfaat mencegah osteomalasia (pelunakan tulang pada bayi) pada anak dan osteoporosis (pengeroposan tulang) pada orang dewasa (tua), dan kekurangan kalsium pada wanita hamil dan ibu menyusui. Karena pisang mengandung jumlah kalsium yang cukup, yaitu setiap 1 kg pisang mengandung 1gr kalsium.

BUAH ANGGUR

Buah anggur tidak hanya sumber dari vitamin A, C, B6, dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium. Semua vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa khasiat dari anggur di antaranya:
1. Asma
Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.
2. Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.
3. Alzheimer
Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit alzheimer. Hal ini karena anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita alzheimer.

Baca Juga: