Langkah Kegiatan II Kombinasi Gerbang Logika

 Langkah Kegiatan II Kombinasi Gerbang Logika

Sistem logika biasanya melibatkan lebih dari satu gerbang yang membentuk asuatukombinasi untuk melakukan suatu fungsi tertentu. Sebangai contoh kombinasi sederhana dari sebuah gerbang AND dan sebuah gerbang Not yang akan di sajikan pada langkah – langkah kegiatan yang di gabungkan dengan Rangkaian gerbang OR  Kemudaian bagaimana gerbang – gerbang tersebut akan di terapkan menjadi IC sesuai dengan gerbang – gerbang yang di gunakan.

Pada gambar di  bawah ini akan di jelaskan.

Gambar 29. Gerbang logika dan model IC

            Dari gambar di atas kita dapat mengetahui model IC gerbang AND  dan Gerbang OR dan Gerbang Not, adapun dari gambar di atas dapat di jelaskan sebagai berikut :

  1. Macam – macam gerbang (logic gate)
  2. Pilihan IC gerbang
  3. VCC yang ada pada IC ( tempat di sambungkan nya Power  atau catu daya )
  4. A dan B adalah Inputan
  5. Y adalah Output dari Inputan
  6. GND adalah Keluaran sebagai Ground
  7. Tipe IC yang di gunakan
  8. Model IC yang mana yang akan di gunakan dan berapa Inputan yang akan di gunakan

Dari penjelasand  di atas kita dapat merangkai sebuah permasalahan F = B A’ + A ( B’C’ + B C )

yang akan di ubah menggunakan gerbang Model IC

Gambar 30. Rangkaian Kombinasi Gerbang dengan Model IC

            Dari gambar di atas kita dapat mengetahui Rangkaian gerbang dengan model IC, yang menggunakan Gerbang NOT, OR dan AND, kombinasi gerbang ketiga tersebut di jadikan sebuah rangkaian IC yang dapat di buktikan pada gambar berikutnya.

Gambar 31, Percobaan Dengan tiga inputan

            Dari gambar di atas kita dapat melihan bahwa inputan A itu berniai 1 dan imputan B dan C bernilai 0, jadi output dari inputan A yang benilai 1 adalah lampu menyala dan Pengukuman.

Volt meter berjalan

Gambar 32, inputan C bernilai 1

            Dari gambar di atas kita dapat melihat bahwa lampu tidak menyala karna dari hasil kombinasi gerbang di atas mengeluarkan output 0 sehingga lampu tidak menyala, lampu menyala jika imputan A dan imputan B itu bernilai 1.

Gambar 33, inputan A dan B berniali 1.

Dari kombinasi inputan A dan B bernilai 1 sehingga lampu menyala karna setelah dip roses output nya bernilai 1, gerbang kombinasi And jika di hubungkan dengan Gerbang OR maka  kombinasi tersebut akan di kalikan.

baca juga ”