Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit

Sejak dahulu kala jeruk nipis telah di percaya sebagai tanaman yang memiliki berbagai macam manfaat, Meskipun rasanya yang asam dan pahit atau kurang enakapabila di komsumsi secara langsung namun jeruk nipis memiliki beragam khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Selain bermanfaat untuk kesehatan, Jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih karat pada logam. Dan sebagai obat herbal alami jeruk nipis bermanfaat dan berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (Mukolitik), Peluruh kencing (diuretik), dan keringat, Serta membantu proses pencernaan.

Berikut di bawah ini adalah berbagai manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan serta cara penggunanya.

1. Batuk Disertai Influenza

Potong sebuah jeruk nipis yang masak (Tua) dan yang mengandung air yang cukup banyak, diperas, seduh air perasanya dengan 60 cc air panas, Dan tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan 2 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.

2. Bau Badan

Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, Oleskan bagian irisan kapur sirih tipis-tipis, Lalu oleskan ke ketiak setelah mandi, Dan biarkan selama 5 menit lalu bilas. Lalkukan setiap pagi dan sore. Dan 10 daun muda jeruk nipis di tumbuk sampai halus, dilumatkan, Pulung Kecil-kecil seperti pil, Makan 3 kali sehari.

3. Batu Ginjal

2 butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, Di minum setelah makan malam, Lakukan setiap hari selama 10 hari.

4. Difteri

Dua jeruk nipis di cuci bersih, peras airnya, seduh dengan 1 gelas air panas, Dan di tambah dengan 1 sendok makan madu, Gunakan untuk berkumur-kumur selama 2 menit selagi masih hangat, Lalu minum, Lakukan 3 kali sehari.

5. Demam Atau Flu

Satu jeruk nipis di cuci bersih lalu di peras, Lalu tambahkan dengan 3 siung bawang merah yang telah di lumatkan, Dan 1 sendok makan minyak kelapa, Lalu oleskan kekening penderita demam.

6. Haid Tidak Teratur

3 sendok makan air jeruk nipis dan ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata, Minum selagi hangat lakukan 3 kali sehari.

7. Sehabis Melahirkan

1 sendok makan kapur sirih di tambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung. Diaduk hingga rata, Balurkan pada perut, Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi. Agar perut terhindar dari keriput. Tetap halus dan kempis seperti sediakala.

8. Jerawat

1 jeruk nipis diiris lalu digosokkan pada kulit wajah yang berjerawat.

9. Mencegah Rambut Rontok Dan Berketombe

Jeruk nipis dipotong menjadi 3 bagian, Oleskan pada kulit kepala hingga rata, Bungkus kepala dengan handuk selama semalam, keramas keesokan harinya, Lakukan 3 kali seminggu.

Sumber: https://www.bertani.co.id