Mencegah Informasi Hoax di Internet

Mencegah Informasi Hoax di Internet

Mencegah Informasi Hoax di Internet

Mencegah Informasi Hoax – Beberapa bulan terakhir ini, Indonesia diwarnai oleh berbagai macam berita hoax atau yang biasa disebut news fake. Berita hoax ini tentu menjadi sumber masalah karena banyak orang yang percaya dan tertipu. Masyarakat terbelah menjadi dua. Perpecahan terjadi. Dan pada akhirnya yang diuntungkan adalah pihak-pihak yang memiliki kepentingan untuk melakukan pembodohan kepada masyarakat Indonesia dan pihak-pihak yang mencari uang dengan cara menyebarkan berita hoax.

Tidak bisa dipungkiri. Membuat konten dan berita hoax kini sudah menjadi ladang

bisnis bagi sebagian orang. Jumlah uang fantastis yang ditawarkan membuat mereka menjadi gelap mata dan terus memecah belah bangsa Indonesia. Pemerintah tentu saja sudah berupaya untuk memberantas berita hoax tersebut. Tapi, tanggung jawab terbesar untuk memberantas berita hoax tersebut adalah kita sebagai pengguna internet.

Mencegah informasi hoax dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan agar berita hoax tidak meluas :

Cek Sumber Berita

Kita sebagai pengguna internet bisa memeriksa siapa sumber informasi dan melakukan konfirmasi secara langsung dengan pihak yang menyebarkan. Dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google atau Yahoo, pembaca juga bisa membandingkan kebenaran suatu berita dengan membandingkan dari sumber terpercaya lainnya.

Hindari Website Mencurigakan

Website yang belum kita ketahui asal-usulnya sebaiknya ditelusuri terlebih

dahulu pada saat web tersebut memberitakan sebuah informasi. Sebagai pengguna yang pintar, janganlah membagikan berita dari situs yang sama sekali tidak kita kenali agar kabar hoax itu tidak menjadi viral di dunia maya.
Baca Juga 6 Alasan Game Original Lebih Baik Dari Game Bajakan

Kenali Situs Palsu

Cari tahu situs tempat informasi itu di-posting lalu pelajari dan pastikanlah apakah situs tersebut isinya adalah berita berdasarkan fakta atau informasi yang mengandung unsur hoax.

 

Baca Juga :