Mengenal Bahasa C

Mengenal Bahasa C

Mengenal Bahasa C

Mengenal Bahasa C
Mengenal Bahasa C

Bahasa C

Bahasa C adalah salah satu bahasa pemograman yang popular di dunia dan mempunyai kemampuan lebih dari bahasa pemograman yang lain. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang di tulis dalam bahasa C. Bahkan, Software Development Kit untuk Windows ditulis dalam bahasa C. Bahasa C merupakan bahasa pemograman yang sifatnya portable, yaitu dengan sedikit atau tanpa perubahan, suatu program yang ditulis dengan bahasa C pada suatu komputer dapat dijalankan pada komputer lain. Bahasa C merupakan general-purpose language yaitu bahasa pemograman yang dapat digunakan untuk tujuan apa saja. C merupakan industrial-strength language. Dengan bahasa C anda dapat membangun beragam aplikasi mulai dari pemograman sistem, aplikasi cerdas (artificial intelligence), sistem pakar, utility, driver, database, browser, network programming, sistem operasi, game, virus, dll.

Bahasa C diciptakan oleh Dennis Ritchie. Sebenarnya, bahasa C merupakan pengembangan dari bahasa BCPL yang lebih dahulu ada. Sebagai bahasa yang digolongkan dalam middle level language, bahasa C mempunyai kemudahan didalam mengakses perangkat keras, juga kecepatan prosesnya yang mendekati low level language seperti Assembly. Disamping itu, bahasa C jauh lebih mudah untuk dipelajari jika dibandingkan dengan bahasa low level karena mendekati frase-frase dalam bahasa manusia, yaitu bahasa inggris.

C mempunyai banyak keuntungan dibandingkan dengan bahasa pemograman lainnya. C merupakan bahasa yang kokoh dan memberikan keleluasaan kepada penggunanya. C merupakan bahasa yang portable. Dengan sedikit/tanpa modifikasi, program C yang ditulis pada suatu komputer lain yang memiliki kompiler C. Keuntungan lain dari C adalah dalam hal kecepatan eksekusi. C memberikan kecepatan yang mendekati bahasa Assembly, tetapi memberikan kemudahan yang tidak ditawarkan oleh Assembly. Pada tahun 80’an penggunaan C di dunia indutri semakin luas sehingga kemudian distandarisasi oleh ANSI dan kemudian diadposi oleh ISO dan diadopsi ulang oleh ANSI. Official name bahasa C adalah ISO/IEC 9899-1990. Dalam memogram C kita hendalnya mengacu pada standar C yaitu ISO C.

C merupakan bahasa yang menyenangkan. Kita dapat menemukan berbagai pengalaman menarik dan dapat mengenal lebih baik tentang prinsip kerja komputer dengan C. Anda bahkan bias menciptakan bahasa anda sendiri dengan C.

Untuk melakukan kompilasi, digunakan program Turbo C++ 4.5 dari Borland Internasional. Kompiler ini merupakan salah satu terbaik dalam bahasa C. Selain cepat, juga file executable yang dihasilkan berukuran kecil. Selain itu, kompiler ini juga sudah mendukung pemograman C++ yang merupakan pengembangan bahasa C. Dalam bahasa ini, pemograman objek dapat dilakukan.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif di Google Chrome – Dengan tersedianya beberapa pustaka dari C memungkinkan seorang programmer mengembangkan programnya lebih luas tanpa harus menulis keseluruhan programnya. Sebagai contoh, bila anda ingin membuat suatu windows di layar, bagian program dari window ini sudah tersedia dalam library, sehingga anda tinggal menggunakannya. Bahasa C++ sudah banyak dipergunakan orang untuk menuliskan program-program paket, karena C++ hampir tidak menimbulkan hambatan yang berarti sehingga perusahaan sotftware banyak yang menulis library untuk maksud-maksud tertentu.

Ada beberapa criteria yang dimiliki oleh C++ yang berbeda dengan bahasa pemograman yang lain.

Kriteria-kriteria itu anatara lain :

  • Pemograman berorientasi objek

Pemograman dapat merancang suatu objrk yang tersusun dari beberapa kode-kode atau objek-objek yang tersusun menjadi suatu modul yang memudahkan komunikasi antara pemograman satu dengan pemograman yang lainnyaatau dengan programnya sendiri dan rancangan inilah yang akan berkembang menjadi suatu pemograman yang beorientasi objek.

  • Portabilitas

Kita dapat membuat program C++ dengan segala jenis komputer dan sistem operasi tanpa dengan susah payah membuat perubahan. C++ adalah salah satu yang paling cocok dan digunakan ke bahasa program dengan platform berbeda.

  • Singkat

Kode program dalam C++ sangat pendek jika di bandingkan dengan bahasa pemograman yang lain.

Bahasa pemograman C++ merupakan perluasan-perluasan dari bahasa C yaitu bahasa pemograman dengan konsep structural. Banyak yang menganggap bahasa pemograman ini sebagai bahasa pemograman ini termasuk sukar di pelajari.

C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustup dari lanoratotium AT&T pada tahun 1983. bahasa C++ dikembangkan dalam rangka mendukung konsep pemograman berorientasi obyek. Bahasa C++ kompatibel dengan bahasa sebelumnya yaitu bahasa C karena memakai dasar konsep yang sama, akan tetapi bahasa C++ banyak terdapat fasilitas-fasilitas baru yang selain akan meningkatkan kemampuan dan efektifitasnya, juga menyebabkan perbedaan kebiasaan dalam menyusun program dibandingkan dengan bahasa C.

Kompiler C++

Ialah program yang di buat oleh suatu perusahaan untuk mengkompilasi bahasa pemograman C++. Saat ini telah banyak kompiler C++, dua diantaranya yang paling banyak diapaki ialah Turbo C++, dan Borland C++ yang dikembangkan oleh Borland Corp., sedangkan kompiler lainnya ialah Microsoft C++, Symantec C++, Watcom C++, dll.