Metode Partisipatori

 Metode Partisipatori

 Metode Partisipatori

 Metode Partisipatori

Metode pembelajaran partisipatori lebih menekankan keterlibataan siswa secara penuh.Siswa dianggap sebagai penentu keberhasilan belajar.siswa didudukkan sebagai subyek belajar. Dengan berpartisipasi aktif, siswa dapat menentukan hasil belajar, guru hanya bersifat sebagai pemandu atau fasilitator.Ciri-ciri pokok metode partisipatori.

  1. Belajar dari realitas atau pengalaman.
  2. Tidak menggurui.
  3. Dialogis.
  1. Metode Kontekstual

Metode kontekstual muncul sebagai reaksi terhadap teori behavioristik yang telah mendominasi pendidikan selama puluhan tahun. Metode kontekstual mengakui bahwa pembelajaran merupakan proses kompleks  dan banyak fase yang banyak jauh melampaui drill oriented  dan metode Stimulus and Response. Pengajaran dan pembelajaran kontekstual menawarakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa dalam belajar lebih bermakna dan menyengkan.[1]

 

sumber :
https://belantaraindonesia.org/seva-mobil-bekas/