Ongol-ongol Teman Asyik Untuk Ngeteh

Ongol-ongol Teman Asyik Untuk Ngeteh

Ongol-ongol Teman Asyik Untuk NgetehOngol-ongol Teman Asyik Untuk Ngeteh

Indonesia itu kaya akan segala-galanya. Salah satunya berupa kue.

Ada berbagai jenis kue tradisional bisa kita nikmati. Dari Sabang sampai Merauke. Tentu saja jika kita mau mencari tahu dan mencicipinya.

Salah satu kue tradisional dari daerah Jawa Barat yang sudah tidak asing adalah ongol-ongol. Kue berbahan dasar sagu aren ini bisa dibeli atau malah membuatnya sendiri. Karena memang cukup mudah cara membuatnya.

Siapkan bahan dasarnya terlebih dahulu. Yaitu berupa sagu aren, gula aren/gula merah, kelapa muda, daun pandan, air dan garam. Campur sagu aren dengan air secukupnya. Lalu aduk sampai rata. Didihkan air yang berisi irisan gula merah dan lembaran daun pandan. Tambahkan garam secukupnya. Setelah mendidih angkat dan biarkan dingin atau sedikit hangat. Setelah itu tuang ke dalam adonan sagu aren. Aduk dan didihkan lagi. Setelah itu tuang ke dalam loyang.

Setelah dingin adonan akan mengental. Barulah siap di potong-potong sesuai selera. Bisa berbentuk dadu atau layang-layang. Gulingkan di atas piring yang sudah berisi parutan kelapa muda. Oh,ya.. parutan kelapa muda tersebut aduk dengan garam secukupnya agar terasa gurih. Dan ongol-ongol pun siap di santap.

 

Sumber: https://rakyatlampung.co.id/asus-luncurkan-vivobook-bersistem-operasi-endless-os/