Pelestarian Cagar Budaya Prasasti Sendang Kamal

Pelestarian Cagar Budaya Prasasti Sendang Kamal

Pelestarian Cagar Budaya Prasasti Sendang Kamal

Pelestarian Cagar Budaya Prasasti Sendang Kamal

Pelestarian Cagar Budaya

Pendampingan atau fasilitasi pelestarian Cagar Budaya adalah sebuah kegiatan insidentil unit Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Jawa Timur. Surat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan tentang rencana pengembangan lingkungan Prasasti Sendang Kamal mendasari kegiatan ini.

Prasasti  ini berada di Kelurahan Keraton

Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan. Kegiatan dilaksanakan oleh Ahmad Hariri, Norfadilatus Safiah dan Novita Mayasari, kemarin pagi, 22 Juli.

Kegiatan ini merupakan tindakan fasilitasi bagi masyarakat atau Pemerintah Daerah yang ingin melakukan pengembangan cagar budaya sehingga dalam kegiatan pengembangannya tetap sesuai dengan rambu-rambu pelestarian cagar budaya.

BPCB Jawa Timur

Dalam pendampingan ini dihadiri BPCB Jawa Timur, Kelurahan Keraton, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magetan, perwakilan masyarakat setempat, komunitas budayawan, dan pers.

Di lokasi kegiatan terdapat 3 buah prasasti yang sudah terdaftar di dalam register BPCB Jawa Timur. Selain itu terdapat pula sebuah kolam dan bekas bangunan yang dibangun sekitar tahun 1921.

Berdasarkan hasil peninjaun di lokasi kegiatan, telah direkomendasikan beberapa hal meliputi identifikasi sebagai cagar budaya berdasarkan data sejarah dan gaya arsitektur, pengembangan lingkungan dengan tetap mempertahankan kelestarian, dan pendampingan terhadap rencana pengembangan. (Norfadilatus)

 

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/