Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

1. Permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini
Memasuki abad XXI dunia pendidikan di Indonesia menghadapi tiga tantangan besar. Pertama, sebagai akibat dari multikrisis yang menimpa Indonesia sejak tahun 1997, dunia pendidikan dituntut untuk dapat mempertahankan hasil-hasil pembangunan pendidikan yang telah dicapai. Kedua, untuk mengantisipasi era globalisasi, dunia pendidikan dituntut untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Ketiga, sejalan dengan diberlakukannya otonomi daerah, perlu dilakukan perubahan dan penyesuaian sistem pendidikan.
Adapun dampak permasalahan yang muncul akibat tantangan tersebut adalah ketidaksiapan bangsa Indonesia menghadapi ketiga tantangan tersebut disebabkan rendahnya mutu sumber daya manusianya.
Upaya yang diperlukan untuk menghadapi tantangan itu adalah melalui pendidikan sejak dini yang mampu meletakkan dasar-dasar pemberdayaan manusia agar memiliki kesadaran akan potensi diri dan dapat mengembangkannya bagi kebutuhan diri, masyarakat, dan bangsa sehingga dapat membentuk masyarakat madani.[12]
2. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Oleh karena itu, setiap warga negara wajib mengikuti jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, maupun pendidikan tinggi. Dalam mengawali proses masuk ke lembaga pendidikan sering kali warga Indonesia mengabaikan pendidikan usia dini, padahal untuk membiasakan diri dan mengembangkan pola pikir anak, pendidikan sejak usia dini mutlak diperlukan.[13]
Seiring berjalannya waktu, saat ini para orang tua semakin sadar bahwa pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Oleh karena itu, tidak mengherankan pula bahwa semakin banyak orang tua yang merasa perlu cepat-cepat memasukkan anaknya ke sekolah sejak usia dini dengan tujuan dan harapan agar cepat menjadi pandai.
Sementara itu, pentingnya pendidikan anak usia dini telah menjadi perhatian dunia Internasional. Dalam Forum Pendidikan Dunia tahun 2000 di Dakar Senegal telah menghasilkan 6 kesepakatan sebagai kerangka aksi pendidikan dan salah satu butirnya adalah memperluas dan memperbaiki keseluruhan perawatan dan pendidikan anak usia dini, terutama bagi anak-anak yang sangat rawan dan kurang beruntung, Indonesia sebagai salah satu anggota forum tersebut terikat untuk melaksanakan komitmen ini.[14]

Sumber : https://tribunbatam.co.id/goetia-apk/