Pendidikan Merupakan Investasi Bangsa

Pendidikan Merupakan Investasi Bangsa

Pada dasarnya bila anggota masyarakat gagal mengakses pendidikan yang layak baginya demi meningkatkan kapasitas dirinya maka hal ini dapat berimbas buruk bagi bangsa ini. Sebab bagaimanapun juga salah satu syarat untuk mengangkat negeri ini agar dapat setara dengan bangsa lainnya adalah dengan memanfaatkan kaum terpelajar dan tercerdaskan yang dimiliki oleh bangsanya.  Dengan tidak terjangkaunya biaya pendidikan maka negeri ini berpotensi kehilangan calon pemimpin masa depan karena mereka gagal memiliki kapasitas yang diperlukan untuk dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa ini akibat gagalnya mereka untuk dapat menikmati pendidikan yang layak.

Pendidikan Sebagai Investasi Jangka Panjang Bngsa

Untuk memenuhi kebutuhan modal manusianya, di Indonesia cenderung mendatangkan tenaga  kerja dari luar negeri.  Dalam jangka pendek cara ini mungkin ada benarnya, karena diharapkan dapat memberikan efek multiplier terhadap tenaga kerja di Indonesia. Namun, dalam jangka panjang tentu sangat tidak relevan, apalagi untuk sebuah usaha berskala besar atau yang sudah konglomerasi, akibatnya banyak tenaga kerja sendiri tersingkirkan.

Pendidikan Sebagai Investasi Sumber Daya Manusia

pendidikan adalah sebagai investasi sumber daya manusia yang memberi manfaat moneter ataupun non-moneter. Manfaat non-meneter dari pendidikan adalah diperolehnya kondisi kerja yang lebih baik, kepuasan kerja, efisiensi konsumsi, kepuasan menikmati masa pensiun dan manfaat hidup yang lebih lama karena peningkatan gizi dan kesehatan. Manfaat moneter adalah manfaat ekonomis yaitu berupa tambahan pendapatan seseorang yang telah menyelesaikan tingkat pendidikan tertentu dibandingkan dengan pendapatan lulusan pendidikan dibawahnya.

Investasi Pendidikan Meningkatkan Harga Diri Bangsa

Usaha meningkatkan harga diri bangsa, tidak lepas dari usaha meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Usaha meningkatkan perkembangan ekonomi tidak lepas bisa dari usaha meningkatkan sumber daya manusia yaitu melalui jalur pendidikan.

  1. Saran

Kepada masyarakat indonesia umumnya, keyakinan bahwa pendidikan adalah investasi bangsa harus dimiliki oleh setiap komponen bangsa. Agar pengembangan dan pemberdayaan investasi pendidikan dinegara indonesia tercinta ini dapat terlaksana dengan baik dan menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama dalam sektor pembangunan bangsa indonesia dan bukan mencari keuntungan – keuntungan lain.

sumber :