Penemu Internet Pertama Tutup Usia

Penemu Internet Pertama Tutup Usia

Penemu Internet Pertama Tutup Usia

Penemu Internet Pertama Tutup Usia
Penemu Internet Pertama Tutup Usia

Berita duka datang dari salah seorang peneliti yang merupakan penggagas

internet, Robert Taylor. Ia menghembuskan nafas terkahir pada Kamis (13/04/2017) lalu di Woodside, California, Amerika dalam usia 85 tahun setelah lama berjuang melawan penyakit Parkinson yang menderanya.

Dilansir dari NPR, anaknya mengatakan Robert Taylor meninggal dalam keadaaan damai. Ia mengungkapkan, ayahnya tersebut selama hidup memang berkecimpung di dunia teknologi meskipun bukanlah ahli computer. Akan tetapi Robert adalah lulusan dari jurusan psikologi dan metematika dari University of Texas.

Awal gagasannya terkait internet, Robert terobsesi dengan adanya teknologi

komputer yang dirasa dapat menyatukan interaksi manusia, seperti yang dinyatakan dalam perbincangan dengan Guz Raz 2009 silam.

Dalam wawancara tersebut, tahun 1960 saat Robert masih bekerja

sebagai ahli riset di Advanced Research Projects Agency (ARPA) milik Pentagon, ia merasa frustasi lantaran komunikasi antar staf di kantornya tersebut tidak efektif. Pada saat itu, Robert di kantornya memiliki tiga komputer dengan terminal masing-masing untuk berkomunikasi dengan stafnya yang berbeda ruangan. Dengan kondisi tersebut, ia harus bergantian di tiga komputer itu dan dirasa itu hal yang bodoh.

Dari hal itu, Robert memutuskan membuat sebuah jaringan yang berguna menyatukan komunikasi ke semua komputer yang disebut dengan jaringan ARPANET dan berkembang menjadi Internet.

 

Baca Juga :