PENGERTIAN EKONOMI MAKRO

PENGERTIAN EKONOMI MAKRO

PENGERTIAN EKONOMI MAKRO

PENGERTIAN EKONOMI MAKRO

Makro memiliki arti secara harfiah yaitu besar

Pengertian ekonomi makro ini menjelaskan tentang analisis mengenai segala kegiatan dalam suatu perekonomian dari sudut pandang yang berbeda dengan teori dalam ekonomi mikro. Analisis dalam ekonomi makro ini bersifat umum dan tidak terlalu memperhatikan kegiatan ekomomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam kegiatan perekonomian.

Teori dalam ekonomi makro adalah penentuan kegiatan perekonomian, masalah pengangguran dan inflasi dalam masyrakat luas, dan peranan kebijakan pemerintah dalam suatu negara. Analisis ekonomi makro ini juga meliputi beberapa komponen seperti konsumsi dari rumah tangga, pengeluaran pemerintah, pengeluaran dari perusahaan-perusahaan yang disebut sebagai investasi, dan ekspor impor.

Contoh dari ekonomi makro adalah menganalisis kegiatan pembeli di mana analisis tersebut tidak hanya meliputi perilaku dari seorang pembeli tetapi juga analisis mengenai keseluruhan pembeli yang ada dalam setiap kegiatan perekonomian. Begitupun dengan analisis dalam kegiatan produsen, analisis tidak hanya mengenai seorang produsen tetapi juga mengenai kegiatan seluruh produsen dalam kegiatan ekonomi.

Ekonomi makro juga membahas mengenai kebijakan pemerintah yang meliputi kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Kebijakan fiskal ini merupakan upaya pemerintah dalam mengubah struktur dan jumlah pajak serta pengeluarannya untuk memengaruhi tingkat perekonomian. Sedangkan kebijakan moneter adalah langkah pemerintah dalam memengaruhi perekonomian dan mengatasi perekonomian negara.


Baca Juga :