PENGERTIAN EKONOMI MIKRO

PENGERTIAN EKONOMI MIKRO

PENGERTIAN EKONOMI MIKRO

PENGERTIAN EKONOMI MIKRO

Mikro memiliki arti secara harfiah yaitu kecil. Hal ini berarti ekonomi mikro merupakan ilmu yang mempelajari tentang ekonomi kecil atau ilmu yang menganalisis bagian-bagian kecil secara individual dari keseluruhan kegiatan suatu perekonomian. Isu yang dibahas dalam ekonomi mikro adalah isu mengenai bagaimana cara menggunakan faktor produksi yang tersedia dengan baik untuk kemakmuran masyarakat.

Aspek yang dapat dipelajari dari ekonomi mikro adalah interaksi di pasar barang, tingkah laku antara penjual dan juga pembeli, interaksi di pasaran faktor produksi. Contoh dari pembahasan dari ekonomi mikro adalah interaksi antara penjual dan pembeli di pasaran kopi atau cengkeh di mana pengambilan keputusan hanya berdasarkan pada individu atau perorangan saja.

Analisis dalam ekonomi mikro meliputi kebutuhan dan keingan masyarakat yang terbatas dan kemampuan faktor-faktor produksi yang dapat menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat yang terbatas. Teori ekonomi ini memiliki poin bahwa faktor-faktor produksi yang tersedia dapat selalu digunakan sepenuhnya sehingga mendorong masyarakat untuk memproduksinya.


Sumber: https://www.malinoputra.co.id/my-talking-dog-apk/