PENGERTIAN EKONOMI SYARIAH

PENGERTIAN EKONOMI SYARIAH

PENGERTIAN EKONOMI SYARIAH

PENGERTIAN EKONOMI SYARIAH

Ekonomi syariah biasa disebut

sebagai ekonomi Islam. Ekonomi syariah ini merupakan salah satu bentuk percabangan ilmu ekonomi yang berdasarkan pada nilai-nilai dalam agama Islam. Ekonomi Islam berlandaskan pada syariat dan hukum Islam yang diatur dalam Al Quran, Sunnah, Ijma, dan Qiyas. Hukum-hukum ini melandasi segala macam prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemakmuran umatnya.

Kesejahteraan masyarakat tidak diukur dari aspek materiil, tetapi juga mempertimbangkan dampak sosial, mental dan spiritual serta akibat pada lingkungannya. Tujuan ekonomi syariah ini adalah falah yang berarti kesuksesan yang berupa tercapainya kebahagiaan dalam segi materiil dan spiritual untuk mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat.

Karakteristik ekonomi syariah yaitu menggunakan sistem bagi hasil, menggabungkan antara nilai spiritual dan material, memberikan kebebasan sesuai dengan ajaran Islam, mengakui kepemilikan multi jenis, terikat pada akidah dan syariah, menjaga keseimbangan antara rohani dan jasmani, memberikan ruang pada negara dan pemerintah, serta melarang adanya praktik riba.

Ekonomi syariah juga berpedoman pada prinsip – prinsip dasar yang di antaranya adalah keimanan dan ketakwaan, memenuhi kebutuhan, pembagian kepemilikan, pengelolaan kepemilikan, dan mata uang berbasis logam mulia. Yang membedakan ekonomi Islam dengan ekonomi konvensional sistem pertukaran dalam ekonomi syariah yang dituntun dengan menggunakan etika Islam bukan hanya oleh kekuatan pasar.


Sumber: https://www.makassartv.co.id/2020/04/28/banana-island-apk/