Pengertian Pendidikan Karakter

Pengertian Pendidikan Karakter

Pengertian Pendidikan Karakter

Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter adalah suatu upaya baru yang dicanangkan pemerintah guna meraih dan menghasilkan generasi-genarasi masa depan yang prestatif dan berbudi luhur. Pendidikan karakter berasal dari dua suku kata , pendidikan dan karakter.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan dan didikan. Sedangkan istilah karakter secara harfiah berasal dari bahasa Latin “charakter”, ialah sifat batin manusia yg mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku, seperti watak, tabiat, sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, kepribadian atau akhlak yang menjadi ciri khas seseorang.

Maka,  pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan

adat istiadat.

 

2.2               Pendidikan Karakter dalam Berbagai Pandangan.

Adapun beberapa pandangan tentang pendidikan karakter :

Ø   Ki Hadjar Dewantara pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelek), dan tubuh anak, dalam Taman Siswa tidak boleh dipisahkan bagian-bagian itu agar kita dapat memajukan kesempurnaan hidup, kehidupan dan penghidupan anak-anak yang kita didik selaras dengan dunianya.

Ø   Karakter  sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, dan  Negara, Suyanto (2009).

sumber :
https://erdf-masters-kart.com/truck-simulator-usa-apk/