Penjemuran ayam bangkok

Penjemuran ayam bangkok

Setelah mandi selesai maka yang perlu dilakukan yaitu penjemuran dengan cara memasukkan ayam ke kurungan bulat dan jangan lupa kasih alas di bagian bawahnya bisa kayu atau bebatuan hal itu bertujuan agar si ayam tidak guling-guling dan kotor kembali.
Penjemuran dilakukan sampai jam 10:00 saja karena pada saat itu sinar matahari mengandung vitamin D dalam bentuk inaktif  yang sangat membantu dalam proses pertumbuhan tulang dan bulu. “Jangan sekali-kali memandikan dengan cara mejeburkan ayam ke dalam ember karena tidak baik”.

4. Latihan

Latihan ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan saat dalam pertandingan. Biasanya para mastah melatih ayam-ayamnya mulai dari usia 6 – 7 bulan sedangkan pada usia 1 – 5 bulan pertama difokuskan untuk proses pertumbuhan badan.
Latihan fisik yang sering dilakukan akan membuat ayam lebih terbiasa bekerja keras, kuat dan tidak ngos-ngosan saat pertandingan. Latihan fisik dengan cara dilatih tarung dengan ayam sejenis maupun lokalan, senam setiap pagi juga perlu dilakukan agar otot-otot menjadi lemas dan lentur sehingga mudah dalam menangkis musuh.
Selain latihan fisik juga perlu dilakukan latihan mental karena kebanyakan dari ayam bangkok ini mempunyai sifat pundung atau trauma ketika dalam pertarungan mengalami kekalahan yang begitu memalukan.
Latihan fisik yang biasa dilakukan yaitu dengan cara jajal tarung setiap 3 – 5 hari sekali akan tetapi perlu dicatat jalu dan paruh harus dibungkus untuk menghindari luka yang berlebihan, hal seperti itu juga bisa menambah ke kreatifan ayam dalam menyerang.