Peran Pranata Agama, Pendidikan, Ekonomi dan Politik dalam Upaya Pengendalian Sosial

Peran Pranata Agama, Pendidikan, Ekonomi dan Politik dalam Upaya Pengendalian Sosial

Peran Pranata Agama, Pendidikan, Ekonomi dan Politik dalam Upaya Pengendalian Sosial

Peran Pranata Agama, Pendidikan, Ekonomi dan Politik dalam Upaya Pengendalian Sosial
Peran Pranata Agama, Pendidikan, Ekonomi dan Politik dalam Upaya Pengendalian Sosial

Peran Pranata Agama

Pranata agama merupakan bentuk general institutions yang mengatur korelasi antar manusia, antara insan dengan alam, dan antara insan dengan Tuhannya.

Dalam kehidupan bermasyarakat, agama merupakan benteng individu dalam menghadapi tantangan dunia yang kian kompleks dari waktu ke waktu.

Pranata agama memberi batasan ihwal segala sesuatu itu boleh atau tidak boleh, halal atau tidak halal, berdosa atau tidak berdosa, sehingga dengan memahami dan menerapkan konsep tersebut diperlukan ketenteraman dan kedamaian batin sanggup dikembangkan, yang pada risikonya sanggup berimbas pada kerukunan hidup antarmanusia sebagai anggota masyarakat.

Peran Pranata Ekonomi

Sebagai suatu tata tindakan dalam memanfaatkan uang, tenaga, waktu, atau barang-barang berharga lainnya, pranata ekonomi menawarkan aturan-aturan khusus dalam upaya pengendalian sosial semoga tercapai suatu keseimbangan dan terwujudnya suatu keadilan sosial.

Tanpa pranata ekonomi, bisa kalian bayangkan sendiri, bagaimana suatu industri mengeksploitasi sumberdaya secara besarbesaran,  bagaimana seorang majikan memperlakukan buruhnya secara semena-mena, atau bagaimana kalau seseorang memilih nilai suatu barang sekehendak hatinya.

Pranata ekonomi menawarkan aturan dan batasan-batasan yang telah disepakati bersama sebagai suatu aturan atau aturan ekonomi yang harus dipatuhi.

Berdasarkan uraian tersebut, dapatlah disimpulkan bahwa pranata ekonomi sangat berperan dalam mengatur acara ekonomi, menyerupai produksi, distribusi, dan konsumsi semoga sanggup berjalan dengan lancar, tertib dan sanggup memberi hasil yang maksimal dengan meminimalisasi dampak negatif yang ditimbulkan.

Peran Pranata Pendidikan

Pranata pendidikan mempunyai aturan dan disiplin baku yang bertujuan untuk mempersiapkan anak didiknya melalui pengajaran dan pendidikan ilmu pengetahuan.

Dengan bekal pendidikan ilmu pengetahuan, seseorang diperlukan sanggup menguasai aneka macam jenis ilmu pengetahuan sehingga bisa berkompetisi dalam kehidupan, bisa berpikir secara ilmiah dan logis ihwal segala sesuatu sehingga bisa memilah hal-hal yang baik dan buruk. (https://blog.fe-saburai.ac.id/pengertian-seni-rupa-murni-jenis-gambar-dan-10-contohnya/)

Pranata pendidikan termasuk dalam basic institutions. Dengan pranata pendidikan, diperlukan hasil sosialisasi akan membentuk perilaku mental yang cocok dengan kehidupan di masa kini dan yang akan datang.

Peran Pranata Politik

Pranata politik mengatur kehidupan berpolitik, dalam arti kehidupan berbangsa dan bernegara. Peran utama pranata politik yaitu mengupayakan kehidupan masyarakat yang merdeka, adil, dan makmur, menjaga kehormatan hak-hak dan kewajiban warga negara, serta mengatur korelasi negara dengan negara lain dalam pergaulan internasional.

Dalam pelaksanaannya, politik mempunyai serangkaian aturan dan alat yang dipakai untuk menegakkan kedaulatan rakyat dan kedaulatan pemerintah melalui hukumhukum yang telah ditetapkan. Pelanggaran terhadap hukum-hukum tersebut sanggup menyebabkan seseorang mendapatkan sanksi.