Pizza Bakar Kentang Wortel Kreasi Sendiri

Pizza Bakar Kentang Wortel Kreasi Sendiri

Pizza Bakar Kentang Wortel Kreasi SendiriPizza Bakar Kentang Wortel Kreasi Sendiri

Efek tanggal tua, timbullah kreatifitas. Ini pepatah yang sangat pas dan berlaku kepada siapa saja. Utamanya yang doyan nyemil tapi dananya cuma secuil. Saya banget itu sih.

Salah satu cemilan yang saya suka adalah pizza. Kalau pas awal bulan sih asyik-asyik saja ya, mau beli pizza yang mana tinggal datangi atau delivery. Masalahnya kalau sedang akhir bulan tapi lidah ini kepengin pizza, masa harus menunggu awal bulan atau menunggu ada yang mentraktir. Duh, kasihan banget sih.

Daripada manyun dan cuma bisa menelan ludah melihat iklan pizza di televisi, lebih baik membuatnya sendiri. Bisalah. Asal mau. Tidak percaya? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

Siapkan bahan-bahannya. Ini hanya untuk satu loyang ukuran sedang.

Bahan kulit :
* 125 gr tepung terigu
* 1/2 sendok makan fermipan
* Garam secukupnya
* 1 butir kuning telur
* Margarin secukupnya
* Air secukupnya

Bahan toping :
* 3 buah bakso matang
* 2 buah sosis daging matang
* 1 buah kentang
* 1 buah wortel
* 1 lembar daun bawang
* Saos sambal secukupnya
* Keju batang secukupnya

Bumbu untuk tumis kentang dan wortel :
* 2 siung bawang putih
* Lada secukupnya
* Garam secukupnya

Inilah pizza bakar kentang wortel kreasi sendiri

Cara membuatnya :

Untuk kulit, aduk semua adonan lalu uleni sampai Kalis. Diamkan beberapa saat sampai adonan mengembang.

Untuk toping, potong kentang dan wortel berbentuk dadu kecil-kecil. Iris daun bawang tipis-tipis. Tumis dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Masak sampai matang.

Iris tipis-tipis bakso dan sosisnya. Aduk bersama tumisan kentang wortel. Siapkan adonan yang sudah mengembang. Letakkan dalam loyang bulat berukuran sedang. Olesi dengan saus sambal, tumis kentang wortel yang berisi bakso dan sosis. Setelah rata olesi dengan saus sambal lalu taburi dengan parutan keju. Biarkan sampai adonan kulit mengembang kembali.

Siapkan alat pembakarannya. Setelah bahan sudah siap mengembang, letakkan di atas loyang lalu bakar di atas bara yang sudah dibuat. Tunggu sekitar 15 menit. Pizza bakar kreasi sendiri pun siap diangkat.

Tampilan pizza usai dibakar

Proses pembakaran pizza

Tampilan pizza sebelum dibakar

Angkat dan letakkan dalam piring pipih. Potong pizza sesuai selera. Bisa menjadi 4 bagian atau delapan bagian. Sajikan dalam keadaan hangat. Pizza bakar kentang wortel kreasi sendiri tak kalah enak dengan pizza ala restauran. (Denik)

 

Sumber: https://areaponsel.com/dari-drum-yang-dapat-digulung-hingga-ponsel-arloji-ada-di-iceei/