Prinsip Pendidikan Karakter

Prinsip Pendidikan Karakter

Prinsip Pendidikan Karakter

Prinsip Pendidikan Karakter

Character Education Quality Standards merekomendaikan beberapa prinsip untuk mewujudkan pendidikan karakter yang efektif, sebagai berikut:

  1. Mempromosikan nilai-nilai dasar etika sebagai basis karakter.
  2. Mengidentifikasikan karakter secara komprehensif supaya mencakup pemikiran, perasaan dan perilaku.
  3. Mengguanakan pendekatan yang tajam, proaktif dan efektif untuk membangun karakter.
  4. Menciptakan komunitas sekolah yang memiliki kepedulian.
  5. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan perilaku yang baik.
  6. Memiliki cakupan terhadap kurikulum yang bermakna dan menantang yang menghargai semua siswa, membangun karakter mereka dan membantu mereka untuk sukses.
  7. Mengusahakan tumbuhnya motivasi diri para siswa.
  8. Memfungsikan seluruh staf sekolah sebagai komunitas moral yang berbagi tanggung jawab untuk pendidikan karakter yang setia kepada nilai dasar yang sama.
  9. Mengevaluasi karakter sekolah, fungsi staf sekolah sebagai guru-guru karakter, dan manifestasi karakter positif dalam kehidupan siswa.

2.4      Contoh Program Pendidikan Karakter

2.4.1 Lingkungan Sekolah

Training Guru

Program Bimbingan Mental


 

2.4.2  Lingkungan Keluarga.

 

Membangun karakter harus dimulai sejak usia dini , jadi seorang anak harus benar-benar dibimbing dan dibina oleh lingkungan keluarganya sebaik mungkin.. Seperti kata pepatah bergaul dengan penjual minyak wangi akan ikut wangi, bergaul dengan penjual ikan akan ikut amis. Seperti itulah, lingkungan baik dan sehat akan menumbuhkan karakter sehat dan baik, begitu pula sebaliknya. 

2.5      Pendidikan Karakter yang Berhasil

Apabila Pendidikan Karakter yang diajarkan berhasil diserap dan terima oleh pesrta didik , maka hasil yang dapat diraih :

baca juga :