PROBLEMATIKA PENDIDIKAN

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN

Salah satu tugas dari pendidikan adalah menyiapkan sumber daya manusia untuk proses pembangunan, baik itu pembangunan diri atau pembangunan suatu bangsa. Untuk langkah pembangunan ini tentunya telah disesuaikan dengan tuntutan jaman. Perkembangan jaman iniah yang disinyalir memunculkan persoalan-persoalan bagi pendidikan saat menjalani tugasnya.

Perhatian pemerintah

untuk persoalan pendidikan dinilai masih sangat minim. Hal itu terlihat dari bergamanya masalah pendidikan yang muncul dan makin rumit. Menyusul hal tersebut, pendidikan yang buruk juga membawa dampak buruk bagi generasi penerus bangsa, tentunya ini merupakan masalah yang sangat serius yang harus mampu dikurangi atau bahkan diselesaikan.

Sistem pendidikan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sosial budaya dan masyarakat sebagai surpa sistem. Segala seseuatu mengenai pembangunan sistem pendidikan tidak akan berarti jika sistem tersebut tidak saling berhubungan. Kaitan erat antara bidang pendidikan sebagai sistem pendidian dengan sistem sosial membuat hal ini menjadi sangat kompleks.

Kualitas dan mutu belajar di sekolah juga tak terlepas dari kondisi sosial budaya dan ekonomi masyarakat disekitarnya, dimana murid sekolah itu berasal dan masih banyak lagi faktor-faktor lainnya di luar sistem persekolahan yang berkaitan dengan mutu hasil belajar tersebut.

Berdasarkan kenyataan itu, penanggulangan pendidikan juga sangat kompleks karena menyangkut banyak komponen dan melibatkan banyak pihak. Pada dasarnya, terdapat dua hal masalah pokok yang dihadapai dalam dunia pendidikan, khususnya dunia pendidikan Indonenesia.

Pertama, bagaimana semua warga Negara mendapat kesempatan menikmati pendidikan, kedua bagaimana pendidikan mampu membekali peserta didik atau masyarakat dengan keterampilan kerja mumpuni agar dapat bersaing dalam kehidupan bermasyarakat.


Sumber: https://www.loljam.com/driving-zone-apk/