STRATEGI PENETAPAN HARGA

STRATEGI PENETAPAN HARGA

STRATEGI PENETAPAN HARGA

STRATEGI PENETAPAN HARGA
STRATEGI PENETAPAN HARGA

Apa yang dimaksud dengan Harga ?

Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk bagi konsumen maupun bagi produsen yang umumnya dinyatakan dalam satuan mata uang.
Harga terbentuk dari kompetensi produk untuk memenuhi tujuan produsen dan konsumen. Produsen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat keuntungan diatas biaya produksinya. Sedangkan harga menurut konsumen adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat atas pemenuhan kebutuhannya dan keinginannya.

b) Faktor-faktor yang mempengaruhi Tingkat Harga

Penentuan harga dipengaruhi oleh faktor – faktor sebagai berikut :
1. Faktor Internal ;
> Tujuan Pemasaran
> Strategi marketing-mix
> Organisai
2. Faktor Eksternal ;
> Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar
> Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga
> Lingkungan eksternal, lingkungakn mikro (seperti pemasok, penyalur dsb), lingkungan makro (seperti pemerintah, keadaan sosial, cadangan sumberdaya dsb)

Berikut adalah skema dari faktor yang mempengaruhi harga :

c) Keputusan tentang Harga
1. Strategi harga berorientasi kepada biaya
Strategi ini akan mendasar pada perhitungan biaya (tetap atau variabel) dan menentukan target keuntungan yang diinginkan untuk dapat menetapkan harga.
Harga berdasarkan tingkat pengembalian investasi
Harga berdasarkan keuntungan maksimum
Cost plus pricing
Mark-up pricing
Break event analysis
Maximum profit

2. Strategi harga berorientasi kepada permintaan
Penetapan harga ini akan mempertimbangkan kondisi permintaan pasar. Harga akan diserap apabila ada permintaan. Maka strategi harga ini dapat diarahkan untuk mencapai tingkat penjualan atau market-share.
Diskriminasi harga

Perceived value pricing

3. Strategi harga berorientasi kepada persaingan
Harga akan dapat bertahan pada dasar persaingan apabila memperhatikan harga-harga persainganny (price competition). Oleh karena itu harga dapat ditentukan sama harga persaingannya. Selain mengandalkan harga, strategi penetapan harga dapat berdasarkan pada persaingan non-harga (non-price competition), misalnya melalui peningkatan penawaran pelayanan dari produk fisik ke produk jasa.
Kebijakan harga akhir
One price policy
Flexible price
Potongan Tunai
Skimming price
Penetration pricing

d) Proses penetapan harga
Penetapan harga perlu melalui prosedur beberapa langkah sebagai berikut :
1. Memilih tujuan dan orientasi harga
2. Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya
3. Memperkirakan biaya
4. Melakukan analisis perilaku pesaing
5. Menentukan strategi harga
6. Menyesuaikan harga akhir

Tujuan, orientasi, dan strategi harga memiliki kaitan yang erat dengan yang lain. Pemilihan tujuan dan orientasi harga akan menentukan dalam pemilihan strategi harga.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11144-pengertian-akuntansi-menurut-para-ahli