Tahapan anlisis kebutuhan

Tahapan anlisis kebutuhan

Tahap ini merupakan tahapan awal dalam proses pengembangan sumber belajar . Pada tahap ini dilakukan analisis mengenai adanya perbedeaan antara keadaan yang diharapkan dengan keadaan yang terjadi. Hasil dari analisis itu adalah gambaran nyata mengenai pengelolaan dan pemberdayaan sunber – sumber belajar yang telah ada terhadap pencapaian tujuan  dan kompetensi pembelajaran.

  1. Tahap pengembangan sarana kebutuhan

Selain pengembangan sarana, juga dilakukan pengembangan progam pusat  sumber belajar yang tentu saja berorientasi pada tujuan pusat sumber belajar. Dalam pengembangan progam, dibutuhkan adanya SDM yang berkualitas dan profesional. Hal ini dimaksudkan agar pengembangan progam bisa memenuhi kebutuhan yang diharapkan. Sebagai contoh pengembangan progam adalah penambahan sumber belajar, berupa media dan bahan ajar yang berbentuk cetak ataupun no cetak.

  1. Tahap implementasi

Tahap implementasi pusat sumber belajar merupakan tahap aplikasi atau pendayagunaan pusat sumber belajar. Dalam pelaksanaanya, pusat sumber belajar yang akan digunakan hendaklah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan satuan pendidik atau lembaga yang akan mengembangkanya. Sebagai contoh, sebuah lembaga pendidikan yang memiliki tempat terbatas, maka dapat mendirikan dan mengembangkan pusat sumber belajarsecara bertahap, sesuaio dengan tempat yang tersedia. Untuk kemudian, setelah kemampuan lembaga tersebut bertambah, maka pengembangan pusat sumber belajardapat terus diulakukan.

  1. Tahap pengelolaan

Pengelolaan pusat sumber belajar adalah kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan, pengembangan produksi, dan pemanfaatan sumber belajar serta upaya untuk terus dab memperbaiki dan meningkatkan sarana dan progam – progamnya.

Dalam melakukan pengembangan pusat sumber belajar yang diharapkan bisa menjadi sarana peningkatan pembelajaran seorang pendidik harus juga mampu memperhatikan 3 hal sebagai berikut:

 

https://ijateng.id/moto-racing-apk/