TEORI AKUNTANSI KEUANGAN

TEORI AKUNTANSI KEUANGAN

TEORI AKUNTANSI KEUANGAN

TEORI AKUNTANSI KEUANGAN

Dalam mempelajari suatu disiplin ilmu, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang akan anda pelajari dalam satu disiplin ilmu tersebut. Teori salah satunya. Teori ini adalah suatu pengantar untuk anda semua dalam memahami disiplin ilmu tersebut, dengan teori tersebut anda juga bisa menerapkan fungsi dari disiplin ilmu tertentu.

Untuk lebih mudahnya, berikut teori dari akuntansi keuangan yang diharapkan untuk mempermudah pekerjaan anda:

1. PENDEKATAN PAJAK (TAX APPROACH)

Dalam pendekatan ini, jenis pajaknya adalah pajak penghasilan, yang sangat berpengaruh terhadap pajak penghasilan yang bersifat tidak langsung sangat besar. Dalam pengembangannya, undang-undang pajak penghasilan menciptakan suatu perbaikan dalam  sebuah praktek akuntansi umum dan konsistensinya dapat dipertahankan.

Hal ini ditujukan untuk mendapatkan relevansi laporan antara perencanaan dengan keadaan yang sebenarnya.

2. PENDEKATAN LEGAL (LEGAL APPROACH)

Pendekatan ini berkaitan dengan perolehan hukum (legal), dimana dalam akuntansi penjualan harus diakui bila hak milik legal berpindah. Hukum tersebut berguna untuk menetapkan prinsip – prinsip dasar dalam akuntansi secara umum. Seperti : penghasilan yang harus direalisasikan untuk mendapatkan keuntungan yang terpisah secara riil dan terealisasi.

3. PENDEKATAN ETIKA (ETHICAL APPROACH)

Pendekatan etika dalam teori akuntansi menekankan pada konsep-konsep keadilan, kebenaran, dan kewajaran (justice, truth, fairness). Hal itu dipergunakan, agar tak ada sistem yang berusaha memihak antara satu denga yang lainnya. Yang mengakibatkan terjadinya kecurangan diantara keduanya.

4. PENDEKATAN PERILAKU (BEHAVIORAN APPROACH)

Fokus dalam pendekatan ini adalah pada relevansi informasi yang dikomunikasikan kepada para pengambil keputusan dan berbagai perilaku individu/kelompok. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan hubungan sebab akibat dari disajikannya informasi akuntansi tersebut. Teori perilaku ini akan mencoba mengukur dan mengevaluasi dari pengaruh – pengaruh ekonomi secara psikologis.


Baca Juga :