TUJUAN ORGANISASI INTERNASIONAL

TUJUAN ORGANISASI INTERNASIONAL

TUJUAN ORGANISASI INTERNASIONAL

TUJUAN ORGANISASI INTERNASIONAL

Tujuan utama organisasi internasional adalah demi mewujudkan dan memelihara kedamaian antarnegara di dunia dan juga keamanan di tingkat internasional. Berbagai cara pun dilakukan, salah satunya adalah upaya pembentukan hukum di taraf internasional yang wajib dipatuhi setiap anggotanya.

Organisasi internasional ada untuk mengatur serta meningkatkan kesejahteraan masyarkat dunia, setiap anggota organisasi wajib dan harus turut serta mendukung berbagai program dan cara yang disesuaikan dengan tujuan organisasi.

Beberapa organisasi internasional seperti ASEAN, KAA, dan PBB mempunyai satu prinsip yang sama yakni menyelesaikan berbagai macam persoalan yang memicu perselisihan di dunia internasional dengan cara damai. Hal itu diharapkan menjadi manfaat bagi lahirnya organisasi internasional di dunia ini.

Organisasi internasional ini juga memiliki sifat terbuka, maksudnya adalah keanggotaannya terbuka bagi negara-negara di dunia internasional, kecuali ASEAN. Keanggotaan ASEAN hanya terbuka bagi negara-negara di Asia Tenggara.

Selain tujuan diatas, adapaun tujuan organisasiyangjuga dibedakan menjadi dua, yaitu umum da khusus. Tujuan umum merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organiasi internasional pada umumnya.

Sementara itu, organisasi khusus adalah tujuan spesifik yang ingin dicapai oleh tiap organisasi internasional yang berbeda-beda. Berikut contoh tujuan umum dan tujuan khusus organisasi internasional.

1. TUJUAN UMUM

Memelihara dan mewujudkan perdamaia dunia, serta keamanan internasional dengan beragai variasi cara yang dipilih oleh organisasi itu, diantaranya yang disediakan adalah hukum internasional.

Meningkatkan serta mengatur kesejahteraan dunia atau negara anggota, tentunya dengan cara yang sesuai yang telah dipilih oleh organisasi internasional yang bersangkutan.

2. TUJUAN KHUSUS

Satu-satunya tujuan khusus terciptanya organisasi internasional adalah mereka ingin menjadikan organisasinya sebagai alat untuk mencapai tuuan bersama, ini merupakan karakteristik tiap organisasi yang ada.


Sumber: https://jpjeunet-siteofficiel.com/planetstorm-apk/