Tujuan pengembangan pusat sumber belajar

 Tujuan pengembangan pusat sumber belajar

  1. Tujuan Umum

PSB bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan dan proses pembelajaran melalui melalui pengembangan sistem intruksional.

  1. Tujuan Khusus

Sedangkan tujuan dari adanya PSB antara lain sebagai berikut :

  1. Menyediakan berbagai macam pilihn komunikasi untuk menyokong kelas tradisional.
  2. Mendorong penggunaan cara-cara belajar yang baru yang pling cocok untuk mencapai tujuan akademis.
  3. Memberikan pelayanan dan dalam perencanaan, produksi, operasional dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem intruksional.
  4. Melakukan latihan keada tenaga pendidik mengenai pengembangan sistem intruksional dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran.
  5. Memajukan penelitian yang perlu tentang penggunaan media pendidikan.
  6. Membantu mengembangkan standar pnggunaan sumber-sumber belajar.
  7. Menyediakan pelayanan penilaian untuk membantu menentukan efektivitas berbagai cara pembelajaran.[5]

BAB III

PENUTUP

  1. KESIMPULAN
  2. Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dan lengkap, yang dirancang dan diatur secara khusus dengan  tujuan menyimpan, merawat, mengembangkan, dan memenfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuknya baik secara individual maupun kelompok.
  3. Fungsi pusat sumber belajar antara lain :pengembangan sistem intruksional, informasi, pelayanan media, prduksi dan administrasi.
  4. Tahapan dalam PSB yang meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap pengmbangan sarana kebutuhan, tahap imlementasi, tahap implemtasi, dan yang terakhir tahap pengelolaan. Sedang dalam melakukan PSB harus memperhatikan 3 hal yaitu : mutu pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, dan upaya pengembangan pusat sumber belajar sebagai sarana peningkatan pembelajaran.
  5. Secara umumPSB bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan dan proses pembelajaran melalui melalui pengembangan sistem intruksional. Sedangkan tujuan Khusus dari PSB itu sendiri antara lain menyediaakan berbagai pilihan komunikasi untuk menyokong kelas tradisional.