ULASAN SAMSUNG GALAXY A51: INI HANYA PERANGKAT FUNGSIONAL

ULASAN SAMSUNG GALAXY A51 INI HANYA PERANGKAT FUNGSIONAL

ULASAN SAMSUNG GALAXY A51: INI HANYA PERANGKAT FUNGSIONAL

 

ULASAN SAMSUNG GALAXY A51 INI HANYA PERANGKAT FUNGSIONAL
ULASAN SAMSUNG GALAXY A51 INI HANYA PERANGKAT FUNGSIONAL

Bulan lalu, Samsung meluncurkan smartphone seri-A baru di India – Galaxy A51. Ponsel seri A melayani segmen mid-budget, dan begitu pula smartphone ini. Dibanderol dengan harga Rs 23.999, dan yang paling menarik adalah pengaturan kamera quad 48 MP dan baterai 4.000 mAh.

Di segmen harga ini, Galaxy A51 bersaing langsung dengan Redmi K20 Pro (ulasan) , Redmi Note 8 Pro dan Oppo F15 (ulasan) .

Sementara F15 sebagian besar desain dan tidak ada substansi, K20 Pro adalah perangkat yang kuat, dan pesaing terdekat Galaxy A51.

Jadi, apakah Galaxy A51 terbukti lebih baik memilih K20 Pro? Apakah ini pengemudi harian yang baik? Apakah ini perangkat yang penuh daya, tidak seperti saudara kandung A-series lainnya? Saya menggunakan smartphone selama seminggu dalam pencarian saya untuk menjawab semua pertanyaan ini.

Ulasan Samsung Galaxy A51: Ini hanya perangkat fungsional
Samsung Galaxy A51 memiliki layar Super AMOLED 6,5 inci. Gambar: tech2 / Nandini Yadav

Tampilan smartphone Samsung hampir tidak pernah mengecewakan
Samsung Galaxy A51 memiliki layar Super AMOLED 6,5 inci dengan kerapatan piksel 405 ppi, rasio layar terhadap tubuh 87,4 persen, dan rasio aspek 20: 9.

Warna-warna dan kecerahan yang cerah, serta ukurannya, berarti A51 sangat berguna saat mengonsumsi video saat bepergian.

Keterbacaan cahaya matahari dari Galaxy A51 sangat bagus. Anda tidak akan menyipitkan mata untuk membaca teks atau melihat foto di telepon.

Namun kecerahan otomatis pada ponsel kadang-kadang kacau. Dalam pengaturan dalam ruangan yang terang benderang, ponsel kadang-kadang terus menyeret antara kecerahan rendah dan tinggi, sehingga sangat menjengkelkan bagi pengguna.

Samsung Galaxy A51 memiliki konektor Tipe-C. Gambar: tech2 / Nandini Yadav
Samsung Galaxy A51 memiliki konektor Tipe-C. Gambar: tech2 / Nandini Yadav

Samsung Galaxy A51 ramping dan sangat ringan
Samsung Galaxy A51 tidak benar-benar memiliki desain yang menonjol, setidaknya pada pandangan pertama. Namun, ketika Anda mengambilnya di tangan Anda pertama kali, Anda akan menyadari betapa ringan perangkat ini – meskipun baterai 4.000 mAh ada di bawah kapnya. Beratnya 172 gram.

Smartphone ini juga sangat ramping, yang memberi Anda cengkeraman yang baik bahkan dengan punggung yang mengkilap itu. Bagian belakang Galaxy A51 terlihat seperti kaca tetapi terasa seperti plastik (bukan jenis yang murah tentunya), dan itu karena Samsung telah menggunakan bahan yang mereka sebut “glasstic” untuk bagian belakang ponsel.

Samsung Galaxy a51 memiliki tubuh glasstik. Gambar: Tech2 / Nandini
Samsung Galaxy A51 memiliki tubuh glasstik. Gambar: Tech2 / Nandini

Saya menggunakan telepon selama dua minggu, dan saya membawanya di tas saya, yang memiliki kunci dan lipstik dan pengisi daya dan dompet saya, yang semuanya dapat dengan mudah menggaruk telepon. Namun, Galaxy A51 menjalani semua ini tanpa ada goresan di punggungnya sama sekali.

Namun, noda seperti pakaian di perangkat yang saya gunakan. Itu memakai mereka setiap saat. Namun ponsel ini hadir dengan case silikon, yang dapat menyelamatkan ponsel dari goresan dan noda dalam jangka panjang.

Varian yang saya ulas berwarna hitam, yang paling membosankan. Ada varian biru yang harus Anda cari.

Juga dibundel dalam kotak adalah sepasang earphone, yang terbuat dari plastik, dan ini pasti terasa murah. Kualitas suara earphone ini juga cukup buruk. Pada dasarnya, mereka hanyalah earphone fungsional yang dapat Anda gunakan sebagai cadangan.

Kamera siang hari
Samsung Galaxy A51 menggunakan kamera utama 48 MP dengan aperture f / 2.0, bersama dengan lensa ultra lebar 12 MP f / 2.2, lensa lebar 5 MP f / 2.4, dan sensor kedalaman 5 MP f / 2.2.

Di siang hari, smartphone mengklik gambar yang bagus, dengan keseimbangan warna dan pencahayaan yang baik. Gambar-gambar juga mempertahankan banyak detail alami. Saya juga menyukai deteksi tepi dalam mode potret di kamera belakang. Ini sangat tepat dan tidak aneh mengaburkan rambut bayi nakal di sekitar wajah Anda. Gambar potret terlihat sangat alami.

Selfie, yang kameranya menggunakan lensa 32 MP, juga cukup bagus, tetapi dengan mode kecantikan dimatikan juga, Anda akan melihat ponsel sedikit melunakkan fokus. Gambar tidak setajam yang Anda dapatkan di kamera depan.

Samsung Galaxy A51 memiliki pengaturan quad-camera di bagian belakang. Gambar: tech2 / Nandini Yadav
Samsung Galaxy A51 memiliki pengaturan quad-camera di bagian belakang. Gambar: tech2 / Nandini Yadav

Galaxy A51 memungkinkan Anda merekam video 2160p dengan kecepatan 30 fps dan 1080p hingga 120 fps. Kualitas videonya juga bagus, dengan keseimbangan warna yang baik, dan juga stabilisasi yang baik. Namun, stabilisasi ini entah bagaimana tidak berfungsi dengan baik ketika mengambil gambar diam. Anda tidak bisa mendapatkan gambar yang jelas jika Anda berada di kendaraan yang bergerak atau tangan Anda goyah.

Ketika hari gelap, A51 benar-benar berjuang. Swafoto yang diambil pada malam hari kasar dan menunjukkan warna yang buruk. Eksposur juga buruk dengan hampir tidak ada detail yang terlihat di latar belakang. Jika Anda melihat gambar – gambar di album Flickr di bawah ini , Anda akan melihat bahwa pada selfie malam hari Anda hampir tidak dapat memisahkan latar belakang gelap dari rambut saya.

Fotografi malam hari dari kamera belakang lebih baik daripada kamera selfie, tapi tetap saja, paling bagus, fungsional.

Lihat semua sampel kamera yang diklik dari Galaxy A51 di bawah ini .

Pengemudi harian yang baik, layak untuk bermain game, tetapi tidak sepenuhnya bebas lag
Samsung Galaxy A51 ditenagai oleh chipset Exynos 9611 10 nm dengan 6 GB RAM dan 128 GB penyimpanan.

Performa ponsel ini lancar untuk tugas sehari-hari seperti multitasking di antara aplikasi media sosial, menonton video dan mengirim email. Saat bermain game juga, telepon beroperasi pada pengaturan sedang dan berfungsi dengan baik pada sebagian besar waktu, namun, saya perhatikan bingkai turun beberapa kali saat bermain Asphalt 9 pada perangkat

Office bermain di Samsung Galaxy A51. Gambar: tech2 / Nandini Yadav
Office bermain di Samsung Galaxy A51. Gambar: tech2 / Nandini Yadav

Saya juga mengalami lag beberapa kali di aplikasi Galeri . Saat menggulir gambar, aplikasi hanya membeku di kali.

Pengenalan wajah di ponsel tidak terlalu bagus. Ini benar-benar masalah hit atau miss. Sensor sidik jari dalam layar, saya temukan, adalah pilihan yang jauh lebih baik. Ini bekerja lebih cepat (selama Anda meletakkan jari terdaftar di atasnya). Sensor sidik jari juga berfungsi saat tangan Anda sedikit basah.

Kualitas panggilan tidak terlalu bagus di perangkat. Meskipun kadang-kadang saya mendengar gema, yang

membuatnya sulit untuk memahami penelepon di kali.

Speakernya cukup keras, tetapi juga sedikit cempreng.

Baterai bertahan hampir dua hari selama Anda tidak bermain terlalu banyak
Galaxy A51 menggunakan baterai 4.000 mAh. Di dalam kotak, Anda mendapatkan pengisi daya cepat 15 W yang membawa ponsel Anda dari 0 hingga 45 persen dalam waktu sekitar 40 menit.

Terisi penuh, ponsel dengan mudah berlangsung hampir dua hari jika Anda menggunakannya untuk tugas sehari-hari yang sederhana seperti menggunakan aplikasi media sosial, membuat catatan, dan menjawab panggilan.

Namun, jika Anda menonton terlalu banyak video, masa pakai baterai Anda mungkin berkurang hingga satu hari. Itu mungkin menjadi lebih pendek jika Anda memainkan game grafis-berat untuk waktu yang lama.

Samsung Galaxy A51 menjalankan OneUI 2.0 berbasis Android 10.
Samsung Galaxy A51 menjalankan OneUI 2.0 berbasis Android 10.

Galaxy A51 berjalan pada Android 10 berbasis One UI 2.0 dan dilengkapi dengan Samsung Knox untuk keamanan. Ponsel ini juga dilengkapi dengan dukungan Samsung Pay, yang memungkinkan Anda cukup mengetuk dan membayar di toko alih-alih membawa kartu kredit dan debit Anda.

One UI 2.0 cukup baik dibandingkan versi pertamanya. Ponsel ini memiliki keyboard yang lebih intuitif, dengan

deteksi input multibahasa multibahasa. The Messages app juga telah ditingkatkan dengan fitur yang disebut ‘Kartu Berguna’ yang ‘cerdas’ mendeteksi penawaran terbaru datang dan peristiwa yang terjadi di sekitar Anda dan menata kembali agar mereka sesuai validitas mereka.

TL; DR: Beli untuk tugas sehari-hari, dan jika Anda suka tampilannya. Abaikan jika Anda mencari kekuatan
Samsung Galaxy A51 terlihat cukup baik, terutama yang berwarna biru. Ini memiliki desain premium. Ponsel ini juga memiliki kamera yang bagus, tetapi sedikit kesulitan dengan fotografi malam hari. Baterai ponsel tahan lama dan pengisian daya cukup cepat.

Telepon berkinerja baik, memungkinkan Anda bermain game di pengaturan sedang, tetapi pengalaman itu tidak

bebas lag. UI Galaxy A51 intuitif dan halus.

Lawan kompetisi, A51 tidak terlalu buruk. A51 memang kalah di departemen game dan kamera malamnya tidak sebagus Redmi K20 Pro, tetapi apakah itu penting bagi Anda atau tidak, apakah Anda yang memutuskan.

Ketika kita kembali ke pertanyaan itu lebih baik daripada kompetisi, maka Galaxy A51 hanya akan kalah di departemen game dan sedikit dalam hal kamera malam dengan Redmi K20 Pro.

Sumber:

https://apkmod.co.id/seva-mobil-bekas/